ZAENAL MA’RUFIN : KONTRAKTOR KEDEPAN HARUS LEBIH PROFESIONAL, KOMPETITIF DAN BERETIKA

img 20200110 wa0009

ZAENAL MA’RUFIN : KONTRAKTOR KEDEPAN HARUS LEBIH PROFESIONAL, KOMPETITIF DAN BERETIKA

Cilacap – Badan Pengurus Cabang (BPC) Gapensi Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, menggelar Musyawarah Kerja Cabang (Mukercab) XXII Tahun 2020.

Acara tersebut berlangsung di Aula Gedung Gapensi, Jalan Tentara Pelajar Cilacap, Selasa (07/01/2020) dengan mengambil tema Siap Mentransformasi Menuju Era Digitalisasi Secara Profesional, Kompetitif, dan Etika.

Tampak hadir, Ketua GAPENSI Cilacap, Zaenal Ma’rufin beserta pengurus, anggota serta anggota asosiasi kontraktor yang tergabung dalam keanggotaan Gapensi.

Ketua penyelenggara Yayat Permana dalam sambutannya mengatakan di era digitalisasi ini Gapensi harus bersemangat, siap melakukan perubahan terutama di bidang IT. “Karena saat ini tender-tender dilakukan melalui internet dan online,” ucapnya.

Bupati Cilacap yang diwakili Asisten II Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan Wasi Ariyadi menekankan, penting dan strategis pengembangan Gapensi untuk kinerja ke depan. Sehingga hal itu dapat menghasilkan kesamaan visi dalam menghadapi tantangan era digitalisasi.

“Pelaku usaha harus bekerja keras untuk memenangkan persaingan. Dengan demikian, diharapkan dapat memberikan perhatian yang serius terhadap peningkatan kualitas dan berbagai resiko yang harus dihadapi,” kata Bupati.

Untuk itu, guna menangkap peluang sebanyak-banyaknya, jangan menggantungkan proyek-proyek APBD. Sektor lain yang perlu digarap masih banyak, seperti pertanian, perikanan.

Ketua BPC Gapensi Cilacap, Zaenal Ma’rufin saat ditemui mengatakan, Mukercab ini bertujuan mengevaluasi program kerja 2017-2022, merencanakan dan menyempurnakan program kerja, mengumpulkan masalah-masalah, juga memutuskan masalah-masalah.

“Jika pemerintah menerbitkan kebijakan mempercepat pelaksanaan proyek-proyek pembangunan lebih awal kita dukung. Idealnya bulan Februari biar waktunya panjang. Kalau saat ini waktunya sempit,” imbuhnya.

Dia berharap, kedepan kontraktor harus lebih profesional, kompetitif, dan beretika. Disamping itu, Gapensi juga harus profesional di era digitalisasi ini. Semua digital, SKH digital, SBU juga digital.

“Untuk Pemerintah juga kami harapkan ke depan agar lebih baik lagi dalam memaketkan proyek-proyek guna kepentingan bersama,” pungkasnya.

Sementara, Anggota Komisi C DPRD Cilacap Cahyo Sasongko mengatakan, kini Gapensi mempunyai semangat yang besar tentang keprofesionalan dan berkompetitif. Yakni dalam hal mencari pekerjaan, menawar pekerjaan. Kemudian beretika, tentunya ini tidak lepas dari santun, dan tentunya berintegritas.

Cahyo mengaku pihaknya telah melakukan pengawasan, juga masalah penawaran yang jauh jaraknya. “Harapannya tidak ada lagi,” tandasnya. Juga lebih profesional dalam menghadapi paket pekerjaan tahun 2020.

Dalam pelelangan, menurutnya, Komisi C mengapresiasi dan mendukung karena untuk menyiapkan pekerjaan di 2020 lebih ringan, agar tidak terlambat.

“Biasanya di anggaran perubahan ini mepet-mepet dan diketok akhir tahun. Sehingga kontraktor tidak bisa mengerjakan karena dana terserap juga terlambat. Dan diharapkan Februari SPK sudah turun,” ucapnya. (Gal)

Admin Online

Next Post

PERGURUAN PIUS CILACAP GELAR NATAL BERSAMA

Jum Jan 10 , 2020
PERGURUAN PIUS CILACAP GELAR NATAL BERSAMA Cilacap – Perguruan Pius […]
img 20200110 wa0010