Wayang Kulit Banyumas Komoditi Ekspor Budaya Baru

img 20200420 wa0025

Wayang Kulit Banyumas Komoditi Ekspor Budaya Baru

Banyumas, Banyumas Pos- Wayang kulit merupakan kesenian bercita rasa khas tinggi, selain mengandung unsur kesakralan adat dan budaya yang kental, ternyata kesenian wayang kulit banyak sekali menyimpan rahasia kekayaan negeri.Salah satunya adalah kerajinan dalam membuat gambar/tokoh wayang asli dengan bahan baku utama kulit sapi ini.

Di temui di joglo kesayangannya di desa Pageralang Banyumas, Bayu Setyo Aji yang merupakan dalang muda Banyumas ini pula menuturkan bahwa apa yang dia kerjakan tidaklah mudah.Di tengah arus budaya modernisasi serta pengaruh bangsa timur, kita sebagai pribumi asli wajib keras memperhatikan budaya asli nenek moyang.

Untuk pesanan satu kotak wayang asli dengan kualitas utama yang beliau pasarkan hingga Amsterdam, harganya mencapai 100 juta rupiah.Sedangkan untuk pentas pagelaran seni wayang kulit sendiri harganya tidak sampai mencapai wayang kulit yang ia buat bersama rekan-rekan tim sanggar budayanya.

Mengakhiri pembicaraan, dalang muda yang merupakan putra dari dalang senior Ki Kukuh Bayu Aji memberikan sedikit nasehat penuh makna
“Urip iku kudu dijalani bak air yang mengalir, tidak perlu nafsu angkara namun dengan keikhlasan dan penuh rasa syukur.”(rahma)

Next Post

Perangi Covid-19, Korem 071/Wijayakusuma Lanjutkan Penyemprotan Disinfektan dan Pembagian Masker Secara Masif.

Sel Apr 21 , 2020
Perangi Covid-19, Korem 071/Wijayakusuma Lanjutkan Penyemprotan Disinfektan dan Pembagian Masker […]
img 20200420 wa0028 800x534