WARGA DUSUN BOGEMANJIR PROTES LIMBAH BATUBARA PLTU 2 BUNTON

img 20200827 wa0033

Cilacap – Masyarakat Dusun Bogemanjir, Desa Bunton, Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah geruduk PT Indonesia Power PLTU 2 Bunton.

Kedatangan mereka memprotes terkait limbah batubara yang merugikan warga. Selain debu limbah batubara, mereka juga mengalami kebisingan akibat aktifitas PLTU, sehingga membuat mereka tidak nyaman.

Aksi damai yang dilakukan warga Bogemanjir dengan membentangkan banner dan spanduk yang berisikan aspirasi warga terdampak debu batubara PLTU 2 Bunton yang dipasang di sepanjang akses jalan Bogemanjir, Rabu (26/08/2020).

Akhirnya, perwakilan warga diterima oleh pihak management PT Indonesia Power PLTU 2 Bunton untuk beraudensi.

Audensi tersebut diadakan di ruang meeting PT Indonesia Power diikuti Manajer PT Indonesia Power PLTU 2 Bunton Kukuh Pambudi beserta stafnya, Camat Adipala Drs Teguh Prastowo, M. Si, Danramil Kapten Inf Kadisan, Kapolsek Adipala AKP Slamet SH, M.M, Babinsa Bunton Sertu Kuswanto, Kades Bunton Sudin, Koorlap Triyono, Ketua Rukun Nelayan Sanmiarjo Satim, Ketua BPD Bunton dan perwakilan warga masyarakat Dusun Bogemanjir (Bleberan).

Aji Saponiyanto selaku tokoh masyarakat Dusun Bogemanjir menyampaikan, debu batubara yang dikeluarkan PT Indonesia Power PLTU 2 Bunton sampai saat ini belum bisa tertangani serius.

Atas nama warga dia menyampaikan tuntutan warga diantaranya penangananan limbah debu batubara, penghijauan di sebelah barat PLTU, sarana dan prasarana (akses jalan-jalan warga), jaminan kesehatan warga bleberan, kompensasi pemanfaatan limbah fly ash dan bottom ash, lampu penerangan jalan permukiman warga serta pemberdayaan warga lokal yang terdampak limbah batubara dan warga nelayan untuk difasilitasi.

img 20200827 wa0034

Selaku Ketua Rukun Nelayan, Sanmiarjo Satim juga turut menyampaikan aspirasi warga Bogemanjir, dia memohon agar PT Indonesia Power memperhatikan kesejahteraan nelayan. Dia juga meminta agara pihak PLTU harus terus berkomunikasi dengan warga, sehingga mengetahui apa yang menjadi permasalahan warga sekitar.

Sementara, Triyono selaku Korlap juga menginginkan agar permasalahan debu batubara segera teratasi, karena warga menginginkan kenyamanan hidup tanpa ada debu.

Menanggapi banyaknya keluhan warga tersebut, Manager PT Indonesia Power PLTU 2 Bunton, Kukuh Pambudi mengucapkan terima kasih kepada warga yang mau berdiskusi bersama. Terkait dengan adanya tuntutan warga, pihaknya berjanji akan menyelesaikannya dengan cepat. (Gal)

Next Post

SEBANYAK 76 NAPI BERBAGAI KASUS DARI LAMPUNG DIPINDAH KE NUSAKAMBANGAN

Jum Agu 28 , 2020
Cilacap – Sebanyak 76 Nara Pidana (Napi) kasus narkoba, pembunuhan, […]
img 20200827 wa0035