Wabup Kebumen: Waspadai Virus Corona Dan Demam Berdarah Dengan Menjaga Kebersihan

img 20200314 wa0020

img 20200314 wa0019

Wabup Kebumen: Waspadai Virus Corona Dan Demam Berdarah Dengan Menjaga Kebersihan

Wakil Bupati Kebumen H. Arif Sugiyanto SH menyambangi Kecamatan Mirit untuk menghadiri 2 acara di Desa Wirogaten dan Desa Mangunranan, Sabtu pagi (14/03/2020)

Dalam sambutan di 2 desa tersebut, Wakil Bupati menyampaikan kepada masyarakat agar peringatan Isra Mi’raj mampu menumbuhsuburkan persaudaraan, persatuan dan kesatuan. Sehingga mendukung terjaganya keamaan, serta iklim sejuk dan kondusif. “Dengan situasi dan kondisi yang aman, sejuk dan kondusif, kita bisa membangun. Dengan membangun, kita bisa sejahtera. Karenanya, mari terus bersatu, menjaga keamanan dan berpartisipasi dalam pembangunan,” ujarnya. Wakil Bupati juga berpesan kepada masyarakat agar jangan larut dalam acara seremonial saja dalam memperingati Isra’ Mi’raj, akan tetapi hendaknya dapat mengimplementasikan nilai-nilai dan hikmah yang terkandung di dalamnya utamanya tentang perintah Allah SWT berupa shalat wajib 5 waktu sehari semalam kepada umat muslim yang diwahyukan melalu Nabi Muhammad SAW . Juga hendaknya sebagai umat muslim senantiasa meneladani kesabaran, kesungguhan, dan ketabahan Rasulullah SAW.

Selanjutnya, menghadapi situasi nasional yang sedang tidak kondusif terkait wabah virus corona atau covid-19. Wakil Bupati Arif Sugiyanto berpesan agar masyarakat tidak perlu panik atau berlebihan dalam menyikapinya, namun warga masyarakat haruslah waspada. “Tetap tenang dan senantisa gaungkan kembali Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Diantaranya yang terpenting dalam mengantisipasi virus corona adalah menjaga kebersihan diri dan lingkungan, melakukan aktifitas fisik dan menjaga stamina dengan berolahraga, serta melakukan pengecekan kesehatan berkala. Hubungi puskesmas atau tenaga medis terdekat jika panjenengan ada keluhan tidak sehat,” tuturnya. Wabup menekankan beberapa hal paling mendasar yang perlu dilakukan adalah dengan meningkatkan kewaspadaan personal dengan cara mencuci tangan dengan air dan menggunakan sabun (antiseptik). Menurutnya, hal tersebut penting dilakukan setiap kali menyentuh barang di area publik, seperti tangga, fasilitas umum, uang, dan sebagainya.

Disamping mengantisipasi corona, Wabup juga berpesan agar masyarakat waspada terhadap penyakit yang biasanya muncul di musim hujan terutama demam berdarah. “Senantiasa mewaspadai penyebaran demam berdarah dengan 3M: Menguras, Menutup dan Mengubur Genangan Air. Nyamuk demam berdarah menyukai genangan air bersih maka sering-seringlah memeriksa jika ada penampungan air atau wadah yang terbuka dan terisi air,” tuturnya. Selain hal tersebut, terkait salah satu bagian dari 3M yaitu mengubur barang bekas, Wabup berpesan agar masyarakat mampu memanfaatkan barang bekas terutama yang menggunakan bahan plastik untuk dapat dikumpulkan kolektif kemudian dapat disalurkan kepada pengolahan barang bekas. Selain demi menjaga kebersihan lingkungan dari sampah plastik, Wabup juga memandang jika masyarakat mampu mengolah barang bekas berbahan plastik maka akan mendatangkan keuntungan ekonomis bagi masyarakat itu sendiri.

Selain menyampaikan sambutan, Wakil Bupati juga tampak ramah-tamah dengan masyarakat. Wabup memberikan sejumlah kuis tentang wawasan kebangsaan seperti menyebutkan 5 sila dalam Pancasila, dan bersholawat.

(Lia)

Next Post

Buka Pesta Siaga, Zuhroh Yazid Mahfudz Kenalkan Kantor Pemkab Kebumen

Sab Mar 14 , 2020
  Buka Pesta Siaga, Zuhroh Yazid Mahfudz Kenalkan Kantor Pemkab […]
img 20200314 wa0016 800x533