Tips Sehat dengan Makan Sehat

img 20200207 wa0006

Gambar Piramida Makanan
Sumber gambar: https://brainly.co.id/tugas/21157657

TIPS SEHAT DENGAN MAKAN SEHAT

Mahatma Ghandi mengemukakan bahwa kekayaan sejati bukanlah emas dan perak. Menurut beliau kekayaan sejati adalah kesehatan.

Saat kita sakit, makanan selezat apa pun tidak akan terasa enak. Tidur pun tak nyenyak. Badan rasanya tidak nyaman. Kita juga tidak bisa bekerja atau kuliah serta tidak bisa keluar rumah untuk menghadiri acara tertentu. Intinya bila kita sakit, kita akan mengalami gangguan saat menjalankan aktivitas sehari-hari.

Selain itu, kondisi sakit dapat mengakibatkan kita kehilangan banyak hal. Mulai dari waktu, tenaga hingga uang, agar kita kembali sehat. Terlebih bila penyakitnya tergolong parah. Harta benda yang dikumpulkan selama sehat, bisa habis hanya untuk biaya berobat.

Ada banyak cara untuk sehat. Diantaranya dengan olahraga teratur, berhenti merokok, mengelola stress, tidur sehat (tidur teratur dan tidak begadang), dan banyak minum air putih. Hal yang tak kalah penting lainnya agar kita tetap sehat adalah makan sehat. Makan dengan sehat berarti menjaga asupan makanan yang kita konsumsi sehari-hari secara tepat sesuai kebutuhan.

Makanan pada dasarnya memiliki banyak fungsi bagi tubuh diantaranya sebagai sumber energi, sebagai sumber pengatur dan pelindung tubuh terhadap penyakit, dan sebagai sumber pembangun tubuh. Fungsi lainnya yaitu sebagai sumber bahan pengganti sel-sel yang rusak serta sebagai penghangat dan pelindung organ tubuh.

Makanan juga berfungsi mengatur metabolisme dan mengatur berbagai keseimbangan dalam tubuh. Makanan memiliki peran dalam mekanisme pertahanan tubuh terhadap penyakit, yaitu sebagai antitoksin (menetralisir racun) dan antibodi.

Berbagai fungsi makanan bagi tubuh tersebut di atas dapat optimal bila makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang sehat. Makan dengan makanan yang sehat bukan berarti selalu makan enak dan lezat atau menggunakan bahan-bahan makanan yang sulit dicari serta mahal harganya. Cukup dengan bahan-bahan makanan yang biasa dikonsumsi sehari- hari. Akan tetapi dimasak atau diolah secara sehat. Makanan yang dikonsumsi juga tidak berlebihan dan sesuai ukuran yang dianjurkan.

Anjuran konsumsi makanan sesuai kebutuhan tubuh per hari digambarkan dalam bentuk piramida. Lazim disebut dengan piramida makanan. Bagian paling bawah dan juga paling besar menunjukkan bahwa air harus dikonsumsi paling banyak dibandingkan golongan makanan. Air (terutama air putih) menjadi bagian terbesar yang harus dikonsumsi karena fungsinya sebagai regulasi metabolisme tubuh.

Selanjutnya adalah makanan yang mengandung karbohidrat contohnya nasi, umbi-umbian, lontong, mie, kwetiau, bubur dan segala jenis roti. Idealnya sekali makan untuk pria sekitar 10 – 14 sendok makan (sdm), sedangkan untuk wanita cukup 4 – 8 sdm. Untuk lebih mudah mengingatnya rata-rata kebutuhan karbohidrat seseorang adalahsekitar 3 – 4 piring nasi per hari.

Mengonsumsi karbohidrat berlebih memang dapat menimbulkan gangguan kesehatan, namun sangat tidak dianjurkan menghindarinya sama sekali. Kekurangan karbohidrat dalam jangka panjang akan menyebabkan kelelahan kronis dan gangguan fungsi hormon.

Karena tiap sayur memiliki keunggulan dan kelebihan sendiri-sendiri, maka dianjurkan untuk mengonsumsi sayur secara bergantian. Contohnya bila hari ini makan sayur jagung (berwarna kuning) maka besok diganti dengan tauge (berwarna putih) dan seterusnya. Idealnya konsumsi sayuran per hari adalah sekitar 1,5 – 2 mangkok atau dua gelas air mineral (ukuran 200 ml).

Anjuran untuk makan buah adalah minimal 2 gelas air mineral (ukuran 200 ml). Cara mengukurnya, buahnya dipotong terlebih dahulu baru dimasukkan ke dalam gelas. Lebih baik pilih buah yang ranum pada musim tertentu dibandingkan buah yang matang setiap musim. Buah sebaiknya dikonsumsi ketika masih segar. Bila dalam bentuk jus, segeralah diminum setelah dibuat dan sebaiknya jangan ditambahkan gula.

Pada dasarnya semua golongan makanan dari jenis protein jangan dikonsumsi ketika masih mentah. Hal ini dikarenakan makanan berprotein rawan mengandung bakteri salmonella yang berbahaya bagi kesehatan.

Konsumsi protein hewani (ayam, sapi, makanan laut) yang dianjurkan adalah 2 – 3 potong per hari. Sedangkan untuk protein nabati (tahu, tempe) boleh dikonsumsi 4 – 6 potong per hari.

Ayam, ikan dan makanan laut lainnya harus dimasuk hingga tingkat kematangannya mencapai 100% (welldone). Sapi dan kambing bisa dikonsumsi dan aman meskipun tingkat kematangannya 3/4 matang (medium well).

Minyak dan gula menempati posisi puncak paramida. Dengan demikian, golongan makanan jenis ini hendaknya dikonsumsi paling sedikit dibandingkan lainnya. Minyak digunakan seperlunya saja untuk memasak. Sebaiknya minimalisir memasak makanan dengan cara digoreng. Sedangkan konsumsi gula sebaiknya maksimal berkisar 3 – 4 sendok per hari.

#
*Prieharti, berkarya di Pondok Pesantren Modern Zam-Zam Cilongok.
Referensi:
1. Healthy Street Food/Syaefudin AA & Kurnia R, 2014.
2. Terapi Makanan: Upaya Pencegahan Penyakit/Dini NN, 2013.
3. Smart Eating/Yohanes Suryadi, 2016.

Next Post

ALIANSI UMAT ISLAM CIANJUR LAKUKAN ORASI DI DEPAN MASJID AGUNG CIANJUR>> MENGUTUK KERAS PERUSAKAN MASJID DI MINAHASA

Sel Feb 11 , 2020
ALIANSI UMAT ISLAM CIANJUR LAKUKAN ORASI DI DEPAN MASJID AGUNG […]
img 20200211 wa0025