Tips Sehat dengan Centella Asiatica Linn

 

Tips Sehat dengan Centella Asiatica Linn

img 20200917 wa0001

Gambar : Centella Asiatica Linn.
Sumber gambar: The Secret of Herbal (Parjan Adiguna, 2014)

Centella Asiatica Linn. atau pegagan termasuk jenis tanaman liar yang dapat tumbuh dengan subur di daerah yang terkena sinar matahari dan tanahnya gembur. Oleh karenanya pegagan mudah ditemukan di beberapa tempat seperti pematang sawah, tepi jalan, padang rumput, perkebunan, dan juga di pekarangan rumah. Di beberapa tempat, pegagan dikenal dengan nama lain yaitu antanan dan daun kaki kuda.
Tanaman yang berasal dari daerah Asia Tropik ini tidak memiliki batang. Pegagan tumbuh merayap dengan akar rimpang yang pendek serta berdaun tunggal. Bentuk daun pegagan seperti ginjal dan pinggirnya beringgit. Tangkai daun pegagan dapat tumbuh hingga panjangnya mencapai sekitar 15 cm. Seluruh bagian tanaman pegagan dapat dimanfaatkan dalam berbagai bentuk. Mulai dari dikonsumsi dalam bentuk teh, sirup maupun obat-obatan. Sebagian masyarakat menggunakan pegagan sebagai sayuran atau lalapan.
Kandungan kimia yang terkandung dalam pegagan diantaranya adalah karotenoids, asiatikosida, tanin, serta garam mineral (kalium, natrium, magnesium, kalsium, dan besi) dan lain-lain. Meskipun kandungan kimianya cukup banyak namun berdasarkan penelitian yang dilakukan Boely C dan dipublikasikan oleh Gaz Medical France menunjukkan hasil bahwa tanaman pegagan tidak berbahaya dan dapat dikonsumsi selama dosis yang digunakan sesuai aturan.
Bahan kimia yang terkandung dalam pegagan ini ternyata dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan seperti migrain, maag, sakit perut, sakit pinggang dan sembelit. Selain itu pegagan juga bermanfaat untuk mengatasi sariawan, jerawat, dan untuk meningkatkan nafsu makan.
Berikut cara memanfaatkan pegagan untuk mengatasi migrain. Ambil satu genggam daun pegagan yang sudah kering. Masukkan pegagan dalam kuali yang terbuat dari tanah liat. Tambahkan 3 gelas air kemudian rebus hingga mendidih dan airnya berkurang ¼ bagian. Tunggu hingga agak dingin kemudian saring air rebusan tadi sebelum diminum. Minum ramuan ini secara teratur sehari tiga kali masing-masing sekitar ¾ gelas. Lakukan rutin hingga sembuh.
Batuk kering juga dapat diatasi dengan segenggam pegagan segar yang sudah dicuci bersih lalu digiling hingga halus kemudian ditambahkan air gula batu secukupnya. Campuran kedua bahan tadi diperas lalu disaring. Hasil saringan tadi diminum sekaligus. Lakukan sehari tiga kali hingga terasa khasiatnya/sembuh.
Pegagan dapat digunakan untuk mengatasi demam yaitu dengan cara ambil segenggam pegagan segar. Cuci bersih kemudian giling hingga halus. Tambahkan air dan garam sedikit lalu diaduk hingga rata. Peras dan saring campuran bahan tadi lalu minumlah ramuan ini saat perut masih kosong. Lakukan rutin tiga kali sehari hingga sembuh.
Resep mengobati stroke dengan pegagan adalah sebagai berikut. Letakkan 20 gram pegagan ke dalam kuali tanah. Tambahkan air 3 gelas. Rebus hingga mendidih dan airnya tersisa setengahnya. Tunggu agak dingin baru disaring. Minumlah ramuan ini selagi perut masih kosong (belum makan). Lakukan rutin 3 kali sehari masing-masing ½ gelas.
Pegagan aman dikonsumsi selama dosis yang digunakan sesuai dengan aturan yang direkomendasikan oleh ahli pengobatan herbal. Konsumsi pegagan secara sembarangan dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Pegagan juga tidak baik dikonsumsi dalam jangka waktu lama karena mengandung zat asiatikosida dan thankunisida yang dapat menurunkan kesuburan sehingga dalam kondisi tertentu dapat membuat seseorang mengalami kemandulan.

#
*Prieharti, berkarya di PPM Zam Zam Cilongok, Banyumas
Referensi:
1) The Secret of Herbal/Parjan Adiguna – Cemerlang, 2014. 2) Herbal Toga/S. Tony Pranata – Aksara Sukses, 2014. 3) 40 Resep Ampuh Tanaman Obat untuk Mengatasi Jantung Koroner dan Menyembuhkan Stroke/Irena Manganti – Araska, 2015. 4) Sehat Tanpa Dokter dengan Ramuan Herbal/Winkanda S Putra – Citra Media, 2013.

Next Post

Ratusan Pelajar Al Ittihad Cianjur Ikut Penataran Kader Bela Negara

Kam Sep 17 , 2020
CIANJUR – Banyumas Pos Ratusan pelajar Santri Ponpes Al Ittihad […]
img 20200917 wa0012