Tingkatkan Skill, Dewan Kerja Ranting Digembleng Melalui KPDK

Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Banyumas, menggelar Kursus Pengelolaan Dewan kerja (KPDK) dan Kursus Pengelolaan Dewan Racana (KPDR), Jumat-Minggu (8-10/11/2019) di Gedung Putih Kebun Raya Baturraden. Kegiatan diikuti 54 Pramuka Penegak dan Pandega anggota Dewan Kerja Ranting se-Kwarcab setempat

Ketua Dewan Kerja (DKC) Banyumas Dicky Syarif Hidayat mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan jiwa kepemimpinan, patriotisme, spritual dan manambah wawasan secara global dan tentunya menambah skill kepramukaan bagi para penegak dan pandega khususnya anggota dewan kerja. Dicky menambahkan, kursus ini bagian dari upaya meningkatkan kualitas peserta didik dalam merancang dan mengelola kegiatan.

“KPDK merupakan salah satu program untuk meningkatkan kualitas dan keterampilan dewan kerja dalam merancang kegiatan, baik itu di tingkat ranting maupun gugus depan,” tambahnya.

Pada kursus ini materi yang diberikan antara lain kepemimpinan, dinamika kelompok, Pramuka Garuda, Forum Grup Discution, Pola Mekanisme Pembinaan Pramuka Penegak, Pandega, sistem administrasi kwartir serta tehnik publikasi dan dokumentasi.

Kursus ini dibuka oleh Hery Supriyatno selaku Ketua Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kwarcab Banyumas, dan diisi pemateri dari Korps Pelatih Kwarcab Banyumas, Dewan Kerja Daerah Jawa Tengah dan para praktisi.

“Pada prinsipnya kursus bertujuan untuk memberikan pemahaman dan kemampuan kepada peserta untuk mengelola dan menjalankan fungsi manajemen yang baik di dalam satuan dewan kerja,” kata Hery. (Lia)

Berita Terkait

Leave a Comment