TIGA PELAKU PENGEDAR PALSU DI AMANKAN POLRES NGAWI NGAWI

img 20201011 wa0000

Ngawi,Banyumas Pos – Satuan Reskrim Polres Ngawi,Jawa Timur, berhasil menangkap tiga orang tersangka, pengedar uang palsu ( upal).Di wilayah Kabupaten Ngawi,yang meresahkan warga.Kepala Satuan Reskrim Polres Ngawi, AKP I Gusti Agung Ananta Pratama,mengatakan mereka adalah Sumandi,Sarkam dan Sumarji.

“Nama yang terakhir merupakan pensiunan PNS,sekaligus mantan kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun.Selain tiga tersangka Kami juga menyita barang bukti berupa sepeda motor,mobil dan upal senilai Pp.546,1juta.”ujar Pratama.

Menurut Kapolres,tiga orang itu di tangkap,setelah menerima laporan dari seorang korban.Polisi kini sedang mengejar AT yang di duga otak dari komplotan penyebar uang palsu itu.Berdasarkan tersangka AT yang kini masih buron di duga menyerahkan upal senilai Rp.1miliar kepada Sumarji,dari jumlah itu,uang palsunya Rp.100 juta di serahkan pada Sumardi,dan uang palsu Rp.400 juta untuk Sumandi,tersangka lainya yang berhasil di bekuk petugas Reskrim Polrestabes Surabaya.

“Setelah di edarkan,masing- masing wajib menyetorkan hasil 30 persen ke tersangka AT,” kata Pratama.

Polisi juga menjelaskan peran Sarkam,pria itu membantu Sumardi mengedarkan uang palsu di Kabupaten Ngawi.

Modusnya adalah mentransfer uang ke salah satu agen BRI Link di Desa Babatan Kecamatan Pangkur,Kabupaten Ngawi. dan dibayar cash dengan uang palsu, Kecamatan,Tersangka Sarkam terbukti melakukan 4 kali tranfer dengan nilai Rp.44,5 juta,”kata dia.

Lebih lanjut Pratama,mengatakan,uang palsu yang diedarkan komplotan AT saat di amati mirip uang aslinya.Secara kasat mata,uang palsu itu juga memunculkan gambar pahlawan ketika di terawang.Uang palsu juga terasa kasar saat di raba.Namun,saat di periksa sinar UV tidak muncul garis putus-putusnya.Polisi meminta masyarakat berhat-hati,sebab sudah ada sebagian yang terlanjur beradar ke pasar.Jika ada yang menemukan upal harap segera ke Polisi.” Saat ini kami terus berkordinasi dengan Polrestabes Surabaya maupun Polda JawaTimur untuk mengungkap kasus tersebut,” katanya.(wl)

Next Post

AKBP Sumarni Bertemu Para Jurnalis, Sampaikan Permohonan Maaf

Ming Okt 11 , 2020
CIANJUR – Banyumas Pos Sikap santun dan bertanggung jawab Kapolres […]
img 20201010 171004