THE LEGEND OF BODAS KARANGJATI

img 20200129 wa0011

THE LEGEND OF BODAS KARANGJATI

Purbalingga, Banyumas Pos

18/01/2020. 1000 misteri dari salah satu tempat di Kabupaten Purbalingga yang letaknya di sebelah timur dari pusat pemerintahan kabupaten Purbalingga berada di Kecamatan Rembang dan sebuah nama desa yang menarik kalimat dan sebutanya menggunakah nama dari bahasa Sunda yaitu Desa Bodaskarangjati .Nama Desa Bodaskarangjati memiliki arti “kesucian dalam diri yang sejati” dari beberapa sumber dan refrensi para kesepuhan jawa dan kamus bahasa jawa krama bahwa Bodaskarangjati memiliki arti sebagai berikut : Bodas artinya Putih/ makna lain suci ,karang artinya keteguhan dan jati adalah diri/ingsun, jadi nama Bodaskarangjati artinya “kesucian dalam diri yang sejati” sebuah makna yang memiliki arti sangat luhur dari sebuah ajaran jawa dan islam

Di sana banyak sekali kisah luar biasa, lahirnya orang orang besar yang menjadi pemimpin dan telah mengukir sejarah kemerdekaan Republik indonesia dengan nama kecil Kuryadi yang tumbuh menjadi seorang pemuda yang gagah dan berani yang menjadi pendiri pasukan Tentara Nasional Indonesia yang di berikan gelar kehormatan Jendral Besar Soedirman terlahir di Desa Bodaskarangjati , peninggalan sejarah yang menjadi bukti Jendral Besar Soedirman lahir di Desa Bodaskarangjati adalah ari ari yang di kubur di bulu Payung bahkan kami juga menemukan sebuah artikel menarik bahwa Raden Mas Margono Djojo Hadi Kusumo Pendiri Bank BNI juga bapaknya dari R.M Sumitro bapaknya Prabowo Subianto juga terlahir di desa Bodaskarangjati .

Dalam penelusuran kami juga menemukan salah satu hal yang menarik yaitu sebuah tradisi bahwa warga Desa Bodaskarangjati tidak boleh jualan nasi atau sejenisnya. Berdasarkan info yang kami dapatkan dari salah satu kesepuhan bahwa Desa Bodaskrjati diberi nama oleh Nyi Rentansari bliau memberikan pesan kepada warga Bodas tidak boleh berjualan nasi dengan maksud, agar tamu yg datang ke rumah jangan sampe beli makanan di warung karna keliren/ kelaparan. Tuan rumah wajib nyuguh tamu dengan sajian walaupun ala kadarnya. Jika tamu sampe keliren/kelaparan, ini merendahkan martabat warga Bodas.

Budaya nyuguh tamu harus di uri uri sebagai wujud menghormati tamu. Ini sebuah pesan yang di sampaikan melalui sebuah kultur budaya Sangat sesuai sekali dengan ajaran Nabi Muhammad SAW. Dalam perjalanan Kami juga bertemu dengan salah satu kesepuhan yang memahami tentang sejarah Bodaskarangjati yaitu mbah jaya dalam diskusinya mbah jaya menuturkan “bahwa desa Bodaskarangjati merupakan desa yang cikal bakalnya dari galuh pakuwon yaitu dari tlatah pasundan ,banyak sekali misteri tentang desa Bodaskarangjati yang masyarakat tidak tahu karna di pengaruhi budaya yang baru yang menganggap itu adalah tahayul”. Ungkapnya. Mbah jaya menambahkan “di makam kramat juga terdapat peninggalan atau petilasan sebagai bukti peninggalan sejarah Cibodas yaitu ada batu yang bentuknya aneh “.tuturnya
Masyarakat asli Bodaskarangjati juga memiliki ciri has dalam komunikasinya yaitu logat bicaranya seperti orang sunda yang menggunakan bahasa jawa .Kades Bodaskarangjati Muhajid juga menuturkan ,”desa bodaskarangjati memiliki seribu misteri karna banyak cerita sejarah yang sangat erat dengan kerajaan galuh dan masih kental dengan sebuah tradisi yang masih di percaya secara turun temurun dan menjadi hal yang sakral”. Ungkapnya(red Fajar. Nur)

Next Post

Antisipasi Corona, Prajurit Wijayakusuma di Suluh Kesehatan

Rab Jan 29 , 2020
Antisipasi Corona, Prajurit Wijayakusuma di Suluh Kesehatan Banyumas – Virus […]
img 20200129 wa0016