TERSANGKA KASUS KORUPSI PERTAMINA MARINE DITANGKAP KEJARI CILACAP

img 20200805 wa0018

Cilacap – Tersangka kasus dugaan korupsi jasa labuh Pertamina Marine Region IV Cilacap, Paulus Andriyanto atau PA (47) yang telah lama menjadi buron akhirnya ditangkap Kejaksaan Negeri (Kejari) Cilacap, Jawa Tengah.

Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap, T. Tri Ari Mulyanto melalui Seksi Intelijen Kejari Cilacap, Heri Sumantri saat dikonfirmasi di kantornya Rabu (05/08/2020), mengatakan tersangka berhasil ditangkap di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Setelah kami mendapat informasi dan dibantu tim dari Kejati DIY, Kejari Sleman dan tim dari KPK, selanjutnya tim dari Kejari Cilacap yang dipimpin Kajari Cilacap langsung menuju Sleman untuk melakukan penangkapan terhadap tersangka PA pada selasa sore,” jelasnya.

Heri menambahkan, tersangka selama ini berstatus DPO terhitung sejak tahun 2018, kurang lebih dua tahun buron.

“Setelah bertemu, kami lakukan pemeriksaan terhadap orang tersebut dengan menyesuaikan identitasnya dan setelah benar, kemudian pelaku segera diamankan di kantor Kejari Sleman, selanjutnya kami gelandang ke Kejari Cilacap pukul 17.00 WIB,” ungkapnya.

Tersangka PA sebelumnya menjabat supervisor administrasi di Marine Administration di Pertamina Marine Region IV Cilacap tahun 2018 , sehingga mempunyai kewenangan mengelola keuangan di antaranya uang jasa labuh atau sandar kapal yang masuk ke Pertamina Marine Cilacap.

Uang jasa labuh tersebut seharusnya disetorkan ke PT Pertamina (Persero) sesuai dengan mekanisme yang ada, namun oleh tersangka digunakan untuk kepentingan pribadi.

Kerugian negara akibat tindak pidana korupsi yang dilakukan tersangka tersebut mencapai lebih dari Rp 4 miliar.

Kejari Cilacap sebelumnya telah menerima laporan dugaan tindak pidana korupsi tersebut pada tahun 2018 dengan segera melakukan penyelidikan yang dilanjutkan dengan penyidikan hingga akhirnya menetapkan PA sebagai tersangka.

“Hari ini yang bersangkutan sudah kami tahan di Lapas rutan Cilacap dan selanjutnya akan kami lakukan pemeriksaan lebih lanjut,” pungkas Heri. (Gal)

Next Post

WARGA CILACAP ASAL DESA KARANGRENA POSITIF COVID - 19 SETELAH PULANG DARI JAKARTA

Rab Agu 5 , 2020
Cilacap – Pulang dari Jakarta, satu orang berinisial SDM (45) […]
img 20200805 wa0020