Syukuran PAKASA, Pemberian Gelar Dari Keraton Surakarta

img 20200614 wa0006

Krakal—(Banyumas Pos)

Kraton Surakarta Hadiningrat ,memberikan Gelar Kehormatan kepada PAKASA (paguyuban Kawulo Keraton Surakarta Hadiningrat )Kebumen
Untuk mengucap syukur,sabtu malam 13/6/2020 di laksanakan di Krakal kediaman Hargo dan mengundang beberapa kanca seni budaya ,sebagai bentuk syukur dengan di anugerahkanya Gelar Kehormatan itu.

Dengan adanya gelar tersebut ke depannya sebagai bentuk motivasi bagi PAKASA semangat Nguri-Uri seni Tari dan Budaya,ungkap KRT.Arif Priyantoro sebagai Ketua PAKASA Cabang Kebumen.

Gelar Kehormatan dari keraton surakarta untuk kebumen tentunya menyalakan obor ,merajut kembali sejarah bahwa ,eyang Arungbinang 1 (pertama ) adalah salah satu yang memeberikan titik letak lokasi di mana Keraton di bangun ketika itu .

Arif menambahkan ,dengan adanya gelar ini adalah untuk merajut kembali sejarah keterkaitan babad Kebumen dengan Keraton Surakarta Hadiningrat semakin erat .

Dengan adanya PAKASA ini juga kedepan bisa mmberikan edukasi ke seluruh seni baik seni tari ,Tosan aji ,karawitan ,sastra jawa kepada anak – anak muda .

Dengan diberikannya edukasi kepada generasi muda ,maka manfaatnya agar paham filosofi dan sejarah Seni dan budaya .

Lebih lagi dengan adanya jaman saat ini unggah-ungguh tentang budaya semakin punah agar kiranya dengan hadirnya PAKASA semua seni budaya bisa memberikan pemahaman – pemahaman tentang bagaimana Unggah ungguh dan lain sebagainya tentang berseni dan Berbudaya dalam menjalankan bermasyarakat sebagai orang jawa,tandasnya. (Lia)

Next Post

SELAMAT JALAN SAHABAT SEPERJUANGAN

Ming Jun 14 , 2020
    “INNALILLAHI WAINNA ILLAIHI ROJIUUN”   Telah berpulang ke […]
img 20200614 122523