STIKOM Yos Sudarso Purwokerto dan Politeknik Banjarnegara bermitra dengan KSM Galuh Lestari

 

img 20201109 wa0017
PurbalinggaBanyumaspos.com

09/11/2020, Indonesia memang kaya dengan kopi yang bermutu tinggi hingga terkenal di mata dunia maka dari itu STIKOM Yos Sudarso Purwokerto dan Politeknik Banjarnegara bermitra dengan KSM Galuh Lestati untuk Menusantarakan Kopi Gunungmalang Purbalingga.

STIKOM Yos Sudarso Purwokerto berkolaborasi dengan Politeknik Banjarnegara untuk peningkatan produksi, penyimpanan produk, dan pemasaran produk kopi Arabika di KSM Galuh Lestari Gunungmalang, Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, melalui program Pengabdian Masyarakat Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang didanai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Kementerian Riset dan Teknologi/ BRIN dengan judul Pengolahan Roasting Kopi Arabika Terkemas Siap Dipasarkan Pada Kelompok Swadaya Masyarakat Galuh Lestari. Pelaksana program yaitu Ria Manurung, SE.,M.Si.,Ak (STIKOM Yos Sudarso Purwokerto), Eko Apriliyanto, S.P, M.Sc. (Politeknik Banjarnegara), dan Oskar Ika Adi Nugroho, S.T, M.T. (STIKOM Yos Sudarso Purwokerto).

img 20201109 wa0018

Institusi Mitra yaitu Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Galuh Lestari, alamat Dusun Gunungmalang, Penanggung Jawab Suyatno Karsum.

Masyarakat dusun Gunungmalang, Purbalingga sudah mengenal kopi sejak lebih dari 10 tahun yang lalu. Namun karena kekurangan sumber daya manusia, masyarakat sekitar dusun Gunungmalang belum memahami manfaat dan fungsi kopi dengan baik yang mengakibatkan kurangnya nilai ekonomi dari kopi itu sendiri sehingga tidak memberikan kesejahteraan ekonomi kepada masyarakat sekitar Gunungmalang.

Permasalahan mitra KSM Galuh Lestari yaitu proses produksi roasting kopi Arabika yang masih manual dengan peralatan sederhana, penyimpanan produk kopi belum diperhatikan, dan pemasaran produk kopi Arabika Gunungmalang yang masih terbatas dan sederhana yaitu dengan cara door to door atau mengirimkan contoh kopi ke para calon pelanggan.

Solusi dari berbagai permasalahan tersebut yaitu untuk proses produksi pada roasting yang masih manual dan sederhana diperlukan peralatan yang didukung dengan teknologi mesin yaitu mesin roasting.

Fungsi mesin tersebut yaitu menjaga aroma dan rasa dari kopi serta warna kopi akan merata sempurna sesuai dengan proses pengolahan roasting yang diinginkan.

Solusi untuk penyimpanan produk kopi yang belum diperhatikan yaitu menyediakan peralatan berupa satu unit etalase kaca, sehingga hasil produk dapat disimpan dalam etalase, higienitasnya dapat terjamin dan image konsumen dapat terjaga terhadap hasil produk kopi.

Upaya menusantarakan kopi Gunungmalang pada Mitra KSM Galuh Lestari melalui pemberian dan pendampingan penggunaan peralatan mesin roasting, peralatan etalase kaca, dan aplikasi pemasaran berbasis Android.

Tim dari ke-2 perguruan tinggi menyediakan peralatan mesin roasting untuk membantu proses produksi roasting pada kopi Arabika.

Tim juga melakukan pelatihan untuk penggunaan peralatan mesin roasting dan pengoperasian peralatan produksi roasting. Pelatihan diberikan dalam bentuk demonstrasi tentang pengoperasian peralatan oleh tim kepada mitra dan dilanjutkan dengan praktek oleh peserta KSM Galuh Lestari sampai mitra KSM mampu mengoperasikan peralatan tersebut.

Demikian juga halnya untuk pemeliharaan peralatan mesin tersebut. Pelatihan ini bertujuan agar mitra KSM mampu meningkatkan kinerja proses produksinya dengan menggunakan prasarana peralatan produksi yang didukung dengan teknologi.

img 20201109 wa0016

Upaya peningkatan penyimpanan dan display produk melalui penggunaan satu set etalase kaca untuk penyimpanan hasil produksi kopi. Penataan hasil produksi ini diharapkan mampu mendukung kelancaran proses produksi dan memberi image positif bagi customer mitra KSM dan juga higienitas dari produk kopi tersebut.

Peningkatan bidang pemasaran dilakukan dengan membuat satu aplikasi berbasis Android yang dapat dicari pada Playstore yang terdapat dalam Smartphone. Nama apliaksi tersebut adalah E-Coffee Gunungmalang dengan linked aplikasi sebagai berikut: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.gunungmalang.ecoffee. Aplikasi E-Coffee ini dapat membantu mitra KSM Galuh Lestari dalam memasarkan dan menjual hasil produksi kopi nya karena konsumen dapat langsung memesan melalui aplikasi tersebut.

Aplikasi E-Coffee ini dapat menjangkau seluruh nusantara sehingga diharapkan akan meningkatkan omzet pendapatan.

Dengan adanya aplikasi pemasaran ini diharapkan dapat menuntaskan permasalahan yang ada di KSM, salah satunya pada bidang pemasaran. Mimpi kopi Gunungmalang menjadi produk unggulan nusantara ditargetkan di ahir tahun ini sudah terwujud.

Penulis : umar Nur

Next Post

Kapolres Himbau Gelar Hajatan Warga, Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

Sel Nov 10 , 2020
Banjarnegara – Banyumaspos.com Polsek Bawang terus melakukan upaya agar Kamtibmas […]
img 20201110 wa0003