SOSIALISASI KOTAK KOSONG, POS MIRIT SUKSES, Kebumen Timur

img 20201027 wa0081

KebumenBanyumaspos.com 27/10/2020. Sosialisasi masyarakat Kotak Kosong kebumen timur berlangsung dengan aman dan damai di hadiri oleh beberapa elemen masyarakat, relawan dan partisipan koko kebumen timur dari beberapa kecamatan. Hadir juga Srikandi-Stikandi KoKo yang antusias secara sukarela mendukung koko tanpa ada tendensi apapun.

Teguh Purnomo mediator Sosialisasi koko secara sukarela menghadiri dan menyampaikan himbauan dan saran kepada masyarakat secara lugas tegas dan transparan mengenai pilkada sampai pada penghitungan suara pilkada.

Antara nyoblos kolom kosong atau pasangan calon dalam pilkada sama-sama sah nya, dan itu semua merupakan wujud partisipasi publik yang konstitusional. Mencoblos kolom kosong tidak sama dengan golput atau tidak sama dengan tidak datang ke tempat pemungutan suara. Jadilah pemilih cerdas yang mengetahui konsekwensi mencoblos dalam pilkada. Demikian disampaikan Doktor Teguh Purnomo saat diundang menjadi narasumber sosialisasi pilkada 2020 yang diadakan masyarakat pendukung kotak kosong di wilayah kebumen timur di Mirit, selasa siang pukul 15.15 s/d selesai. Teguh Purnomo yang juga Ketua Kebumen Lawyer Klc dan Direktur Kantor Bantuan Hukum Kebumen mengatakan, bahwa potensi menyebarkan aturan main yang menyesatkan bisa muncul sewaktu-waktu. Kelihatannya benar tetapi menyesatkan misalnya, golput sama dengan kolom kosong, jadi dari pada memilih kolom kosong mendingan tidak usah datang saja ke TPS. Masyarakat dilarang black Campain, (kampanye hitam)

img 20201027 wa0082

Jika Kotak kosong menang maka ,Pilkada akan diulang kembali pada tahun berikutnya atau dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang dimuat dalam peraturan perundang-undangan. Jadi penjadwalan pilkada di tahun berikutnya atau dengan mengikuti jadwal pilkada serentak, sebagaimana dimaksud di dalam Pasal 54 D ayat (3) UU No. 10 tahun 2016.

Sedangkan terhadap jabatan kepala daerah yang belum terisi maka akan dilakukan pengangkatan pejabat kepala daerah tersebut hingga waktu Pilkada ulang menghasilkan Kepala Daerah yang baru, demikianlah yang dinyatakan dalam Pasal 54D ayat (4) UU No. 10 tahun 2016, yang isinya:

Dalam hal belum ada pasangan calon terpilih terhadap hasil Pemilihan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dan ayat (3), Pemerintah menugaskan penjabat Gubernur, penjabat Bupati, atau penjabat Walikota.

img 20201028 070709

Indra Relawan setia KoKo menyampaikan kepada Media Banyumas.pos, Kotak Kosong/ kolom kosong untuk kebumen siap memenangkan pilkada tahun ini. Mengingat adanya suatu politik praktis yang menurutnya bahwa demokrasi di kab kebumen seolah2 sudah di kondisikan. Terkait adanya sembilan (9) Partai politik di borong oleh satu pasangan calon saja. Menurutnya saat ini merupakan waktu yang tepat untuk merubah tatanan birokrasi yang seolah olah merampas hak konstitusi, bagaimana kebumen akan makmur dan sejahtera jujur dan adil jika tidak ada ketransparansian dan keterbukaan, tuturnya.

Dengan adanya persatuan dan kesatuan relawan koko ini juga membantu pihak KPU dan BAWASLU dalam kinerja dan tugasnya untuk Sisialisasi di PILKADA tahun ini.

penulis : Adiyatama

Next Post

Polsek Campaka Gelar Ops Yustisi Penegakan Inpres No 06 Tahun 2020.

Rab Okt 28 , 2020
CIANJUR – Banyumaspos.com Kapolsek Campaka AKP Tio memimpin langsung Ops […]
img 20201028 wa0014