SMP N 1 SIGALUH CANANGKAN SEDEKAH BIJI

 

img 20201104 wa0014
BanjarnegaraBanyumaspos.com

03/11/2020.Untuk mendukung usaha pemerintah dalam konservasi lahan dan menjaga keanekaragaman hayati, SMP N 1 Sigaluh di kabupaten Banjarnegara berkomitmen dengan dukungan Politeknik Banjarnegara untuk memasyarakatkan tradisi sedekah biji di kalangan peserta didik.

Langkah ini dinilai strategis untuk menjaga ketersediaan bibit tanaman yang dikelola oleh Persemaian Banjarnegara di kampus Politeknik Banjarnegara hasil kerjasama dengan BPDAS HL Serayu Opak Progo.

Biji yang disemai menjadi bibit tanaman dibagikan kembali kepada masyarakat untuk ditanam.

SMP Negeri 1 Sigaluh memiliki kurang lebih 460 peserta didik; jika setiap hari saja mereka dari rumah membawa satu biji tanaman, entah itu biji durian, biji mangga, biji rambutan, atau yang lainnya, untuk kemudian disetorkan ke sekolah, maka akan terkumpul 460 buah biji; dan dalam seminggu total biji yang terkumpul bisa mencapai 2710 buah.

img 20201104 wa0008

Nah biji-biji ini nantinya akan diambil oleh pihak Persemaian Banjarnegara untuk disemai menjadi bibit pohon siap tanam,” kata Widodo Budi Yuono, S.Pd, Kepala Sekolah.

Direktur Politeknik Banjarnegara, Dr Tuswadi, sangat mengapresiasi niat baik program sedekah biji SMP N 1 Sigaluh. Menurutnya peran segenap guru termasuk wali kelas sangat sentral untuk mendukung kesuksesan kegiatan ini.

Tiap kali mengajar setiap guru harus menasehatkan para peserta didiknya untuk mengumpulkan biji tanaman yang ada di rumah atau sekitar lingkungan mereka, untuk kemudian membungkusnya ke dalam plastik dan membawanya ke sekolah- di “seeds box” atau kotak bibit yang disediakan.

Ini dilakukan setiap hari dimana pada akhir pekan pihak Persemaian Banjarnegara dapat mengambil biji-biji tersebut untuk disemai di Persemaian.

Kelak kalau biji-biji itu sudah disemai dan tumbuh menjadi bibit pohon, pihak sekolah bisa mengambilnya kembali untuk kegiatan konservasi atau mendukung program 1 keluarga tanam 1 pohon misalnya. Hari ini SMP N 1 Sigaluh juga kami berikan 1000 bibit pohon untuk ditanam di sekolah guna memperkuat eksistensi Sekolah Adiwiyata,” tandas Dr Tuswadi.

Kami akan memulai kegiatan sedekah bibit ini pada Minggu kedua bulan November; anak-anak sudah mulai masuk sekolah dua kali seminggu di mana tiap kali berangkat ke sekolah semuanya akan dihimbau untuk membawa biji tanaman yang mereka punya atau temukan di lingkungan terdekat mereka.

 

Melalui guru Biologi atau mapel yang serumpun, anak-anak akan dididik pentingnya perawatan biodiversitas atau keanekaragaman hayati melalui sedekah biji tanaman. Karena tanpa budaya tanam pohon yang baik di kalangan masyarakat, lama kelamaan bumi bisa gersang,” jelas Endang Supriyanti, S.Pd, Ketua Program Konservasi SMP N 1 Sigaluh Novan Hakim.

Manajer Persemaian Banjarnegara juga menyatakan terima kasihnya atas inisiatif dari lingkungan sekolah untuk mendukung keberlangsungan ketersediaan bibit pohon melalui sedekah biji.

Menurutnya langkah ini jika dimanfaatkan secara pintar oleh pihak sekolah akan turut serta melahirkan calon-calon rimbawan yang akan menjaga kelestarian alam dan lingkungan.

Penulis : Nur S

Next Post

Camat Bawang Anggap Pemberhentian Kadus Jauhari Umar Sudah Sesuai Prosedur

Rab Nov 4 , 2020
BANJARNEGARA – Banyumaspos.com Pasca beredarnya kabar miring pemecatan perangkat desa […]
img 20201104 wa0009