SMK Nasional Purwokerto dan SMAN Jatilawang Juara Lomba Lintas Alam

SMK Nasional Purwokerto dan SMAN Jatilawang Juara Lomba Lintas Alam

BANYUMAS – Regu putra Sea Scout SMK SPM Nasional Purwokerto dan regu putri Srikandi Ganesha SMA N 1 Jatilawang berhasil menjadi yang terbaik pada kegiatan Lomba Lintas Alam Pramuka Peduli (LLAPP) 2 Tahun 2019, Kamis (19/12) di Lapangan Krida Taruna Dan Kawasan Hutan Pinus Desa Tambaknegara Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas. Kegiatan yang digelar oleh Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas tersebut diikuti 60 tim

Ketua Panitia Kak Ari Pringgo Aji, S.Si. mengatakan bahwa tujuan diselenggarakan kegiatan lomba adalah sebagai ajang memupuk kekompakan diantara Anggota Pramuka di Kwarcab Banyumas, sebagai sarana ajang kompetisi melalui kegiatan yang menarik dan menantang yang mengandung unsur pendidikan.

“Peserta LLAPP 2 Tahun ini melebihi target, yakni 60 tim dari 50 tim yang kami ditargetkan, even 2 tahunan ini rupiah mulai menarik anggota pramuka di Banyumas,” katanya.

Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Kwarcab Banyumas Kak Pudjatman Agung Nugroho dan ditutup langsung oleh Ketua Kwartir Cabang Banyumas Kak Achmad Supartono.

Ketua Pramuka Peduli Kak Ady Candra menjelaskan bahwa setiap peserta melewati 6 Pos dimana ada beberapa Pos yang membutuhkan tantangan dan fisik sebelum menyelesaikan tugas di pos Tersebut.

Pos pertama adalah pengetahuan umum dimana setiap peserta mengerjakan 5 soal dengan jawaban singkat dengan waktu berpikir dan menjawab selama 30 detik dengan melakukan lari sepanjang 20 meter sebelum mengerjakan soal. Pos 2 tentang komunikasi, dimana peserta diberi selembar narasi berita agar dihapalkan oleh setiap peserta dalam tempo waktu 4 menit. Sedangkan jawaban diberikan di pos selanjutnya.

“Kemudian Pos 3 yakni menyusun puzzle, dan peserta harus terlebih dahulu melawati jaring laba – laba dengan cara dinaiki. Kemudian Pos 4 ada Medical First Responder dimana peserta melakukan upaya pertolongan pertama sekaligus melakukan evakasi,” jelasnya.

Kemudian pada pos 5 ada halang rintang berupa berayun dan merambat tali, kemudian jawaban Pos 2 diberikan di Pos 5 dengan diberi waktu mengerjakan selama 5 menit. Dan Pos terakhir adalah memindahkan benda berupa memindahkan balok kayu bolak balik pada lintasan sepanjang 20 meter.

Juri pada kegiatan ini berasal dari Tagaba Kabupaten Banyumas, PMI Kab. Banyumas, RAPI Lokal Rawaba dan Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas.

Hasil kejuaraan pada lomba ini adalah Tim Putra Juara 1 Sea Scout SMK SPM Nasional Purwokerto, Juara 2 Wanara Ceta DKR Wangon, juara 3 Gandhiwa Passera A SMP Negeri 1 Rawalo. Untuk juara harapan 1 Phoenix Saka Bhayangkara Polresta Banyumas, juara harapan 2 Pandikar SMK Plus Tunas Bangsa Kebasen dan juara harapan 3 Gatotkaca SMA Negeri 1 Jatilawang.

Sedangkan Tim Putri juara 1 Srikandi Ganesha SMA N 1 Jatilawang, juara 2 Dewi Arum Unit Pramuli Ajibarang, juara 3 Sea Ghost_ SMK SPM Nasional Purwokerto. Untuk juara harapan 1 Dewi Masitoh MA N 2 Banyumas, juara harapan 2 Eagle SMA PGRI Gumelar dan juara harapan 3 Srikandi SMK YPE Sumpiuh

“Para juara putra mendapatkan piala tetap dari Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas, sedangan juara putri mendapatkan piala tetap dari Bank Jateng Cabang Purwokerto. Semua juara 1 – 3 putra dan putri mendapatkan Uang Pembinaan dari PT. BPR BKK Purwokerto,” tambahnya. (Lia)

Next Post

POLRES CILACAP GELAR APEL PERGESERAN PASUKAN OPERASI LILIN CANDI 2019

Sab Des 21 , 2019
  POLRES CILACAP GELAR APEL PERGESERAN PASUKAN OPERASI LILIN CANDI […]