SKh. Terpadu Al Banun: Anak Tunagrahita Main Film!

img 20200304 wa0008 800x600

img 20200304 wa0010

img 20200304 wa0009

SKh. Terpadu Al Banun: Anak Tunagrahita Main Film!

Kesugihan, Banyumas Pos.
Sekolah Khusus Terpadu Al Banun, sukses membina muridnya tunagrahita Ade Tina Fitriana dalam berakting film sebagai Ana dengan judul “Aku Ingin Sekolah, Bu!” Skenario film ini ditulis oleh Asih Minanti Rahayu, juga berlaku sebagai sutradara dibantu oephy Al-nasir dari Banyumas Picture. Film yang berdurasi 90 menit ini menceritakan tentang kisah perjuangan anak tunagrahita yang ingin sekolah. Ia tidak diijinkan oleh Ibunya (dimainkan oleh Sidarwiyanti) salah satu pemain utama dalam film film garapan banyumas pictures yang sedang memproduksi film bertajuk islami ,untuk bersekolah karena Ibunya belum menerima kondisi kekhususan anaknya. Sehingga, anaknya hanya dipekerjakan di rumah menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Sementara, Ana selalu menangis melihat teman-temannya berseragam sekolah dan bermain dengan gembira. Singkat cerita, melihat hal ini guru dan Kepala Sekolah Khusus menyadarkan Ibu tersebut. Lalu, Ana bisa sekolah di Sekolah Khusus dan menjadi anak yang pintar. dan bisa melihat kecerian dan kebahagian Anna di ending cerita.

Kepala Sekolah SKh.Terpadu Al Banun, Asih Minanti Rahayu, mengatakan, bahwa kemampuan Ade Tina Fitriana sebagai Anna , yang baik sekali dalam berakting film diawali dari pembelajaran di kelas. Di kelas, murid-murid SKh. Terpadu Al Banun dibina untuk percaya diri dan mandiri. Mereka diberi soft skill dan terbiasa tampil di panggung, seperti mengaji, menari, atau menyanyi. Sehingga, anak tidak merasa minder dan grogi ketika tampil di depan umum atau di depan kamera. “Kami mengajarkan kepercayaan diri untuk menjadi bekal mereka berkiprah di masyarakat,” ungkap Kepala Sekolah.

Shooting film ini dilakukan di sekolah dan di rumah warga pada tanggal 29 Februari lalu.
Menurut, Oephy Al-nasir dari Banyumas Picture, ” Ade Tina Fitriana sebagai pemula ia sangat berbakat. dan berkarakter Bahkan, dalam sesi adegannya dia bisa berakting menangis.”serta mudah di Arahkan dari berbagai sesson shoot

Dalam kekhususannya, yang tunagrahita ia punya bakat terpendam. Dan, ini tentu berkat didikan guru-guru di sekolah.

Rencananya film ini akan tayang di RTV kebumen pada ramadhan nanti. Harapan dari sekolah, film ini bisa memotivasi masyarakat untuk menyekolahkan anak-anak berkebutuhan khusus di sekitar mereka.Agar ke depan mereka mempunyai masa depan yang gemilang.

Sekolah Khusus Terpadu Al Banun, membuka agenda ruang publik bertajuk “Saturday Open Public” setiap hari Sabtu. Pada hari Sabtu sekolah membuka kesempatan kerjasama dengan pihak luar sekolah yang ingin mengembangkan bakat dan memajukan anak-anak berkebutuhan khusus. Kegiatan dapat berupa seminar, pelatihan, kunjungan atau berkarya bersama murid-murid.

Tahun ini, SKh. Terpadu Al Banun, telah mendapatkan akreditasi B dari pemerintah. Prestasi ini akan terus dipertahankan dan dikembangkan oleh sekolah.semua itu tidak lepas dari ketua yayasan Heru banon sisilowati Spd sebagai perintis sekolah terpadu Al banun dan SDL di kabupaten cilacap.

Potensi sekolah mendidik anak berkebutuhan khusus bermain film menjadi salah satu andalan prestasi tahun ini yang akan dieksplore lagi kedepannya.( Oeph & wie)

Next Post

Kapolres Cianjur Polda Jabar dampingi Plt. Bupati Cianjur Gelar Konferensi Pers Terkait Covid-19

Rab Mar 4 , 2020
Kapolres Cianjur Polda Jabar dampingi Plt. Bupati Cianjur Gelar Konferensi […]
img 20200304 wa0012