Santri Sabilurrosyad Ikuti Lomba Pidato Bahasa Inggris

img 20200909 wa0007

 

Banjarnegara Banyumas post 08/09/2020.
Wanadadi-Untuk mempertajam keterampilan berbahasa Inggris dalam program internasionalisasi santri, digelar “English Speech Contest for Santri 2020” yang diikuti oleh 13 finalis dari 69 santri kelas VII SMP di Pondok Modern Sabilurrosyad Muhammadiyah Banjarnegara.

Kegiatan perdana yang diselenggarakan oleh Rumah Pintar Dr Tus, yang merupakan mitra pondok dalam program internasionalisasi santri, memukau hadirin yang terdiri dari perwakilan guru, orang tua/wali santri, dan 100 santri pada Minggu, 6 September 2020.

Bertempat di halaman tengah pondok dengan protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19, Lomba Pidato Berbahasa Inggris bertema “Self-Introduction” ini dinilai oleh tim juri yang terdiri dari 3 anggota dari kalangan insan dan sarjana unggul besutan Rumah Pintar Dr Tus, yaitu Adi Riski Hidayat, S.Pd. (lulusan terbaik UNNES 2019), Rakryan Wijdaan Dhiya Ulhak, S.Hub. Int. (lulusan terbaik Hubungan Internasional UMY 2020), dan Adam Huda Haqiqi (mahasiswa S-1 Ilmu Hukum Al Ahzar University Kairo, Mesir).

Masing-masing peserta dinilai dari segi penampilan (appearance), bahasa tubuh (gesture), kefasihan (fluency), dan kelancaran.

img 20200909 wa0009

Menurut Dr Tuswadi, pembina program internasionalisasi santri, lomba diadakan sebagai bentuk evaluasi setelah sekitar 5 kali pertemuan para santri kelas VII SMP di Pondok belajar dan berlatih. Melalui program yang diasuhnya, seluruh santri kelas VII-IX seminggu sekali mendapatkan pelatihan berpidato/berdakwah dalam bahasa Inggris di bawah bimbingan para mentor profesional.

“Anak didik di Pondok kebanyakan pintar-pintar termasuk dalam hal hafalan. Ini sangat strategis untuk membina mereka sebagai calon-calon pendakwah ke luar negeri ketika mereka sedang studi lanjut di Jepang, misalnya. Program ini pertama di kabupaten Banjarnegara yaitu di Pondok Modern Sabilurrosyad.

Orang tua/wali santri terbukti sangat mendukung program yang sangat bagus ini,” terang Dr Tuswadi.
Sementara itu, Ustad Arif Riyadi, M.Pd, pimpinan Pondok Modern Sabilurrosyad, menyatakan pihaknya sangat mengapresiasi metode dan teknik pengajaran pidato/dakwah berbahasa Inggris yang dilakukan oleh Rumah Pintar Dr Tus. Menyaksikan penampilan para santri di ajang lomba dengan begitu fasih, lancar, dan penuh percaya diri, Ustad Arif yakin pada suatu hari nanti alumni pondoknya akan menyebar ke berbagai negara di dunia untuk urusan studi lanjut dan atau berdakwah.”
“Santri selevel peserta didik tingkat SMP diajar oleh seorang Doktor adalah sesuatu yang sangat istimewa di Pondok Modern Sabilurrosyad.

Dengan kemitraan yang dibangun oleh Rumah Pintar Dr Tus bersama pihak SMP/SMA Takeda di Higashi Hiroshima Jepang, mulai tahun 2021 kami akan menjajagi kerjasama pengiriman santri untuk tukar budaya Indonesia-Islam ke Hiroshima,” kata Ustad Arif.

img 20200909 wa0008

Di ajang lomba “English Speech Contest for Santri 2020” terpilih 3 pemenang yaitu Juara 1 Muhammad Aziz Setiawan, asal Krandegan Kecamatan Banjarnegara, Juara 2 Ihza Hibban Muwaffaq, asal Karanggude Kecamatan Punggelan, dan Juara 3 Azka Zufar Kamil Arkanulloh dari Sijenggung Kecamatan Banjarmangu.

Mereka bertiga memperoleh trophy, piagam penghargaan, dan bingkisan yang dipersembahkan oleh sponsor seperti STIE Taman Siswa Banjarnegara, SMK Taman Siswa Banjarnegara, dan Arjun Computer Media Banjarnegara. (red Umar nur s)

Next Post

Lebeng Festival Layang-Layang Desa Di selenggarakan Dalam Rangka HUT RI Ke 75

Rab Sep 9 , 2020
Banyumas, Banyumas Pos- Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 75 […]
img 20200908 wa0070