Santri Pondok Modern Sabilurrosyad Dibekali Da’wah Berbahasa Internasional

img 20200825 wa0029

Banjarnegara- Banyumas post 24/08/2020, Pondok Modern Muhammadiyah Sabilurrosyad yang kampusnya terletak di ibukota kecamatan Wanadadi kabupaten Banjarnegara menjadi satu-satunya Pondok di Banjarnegara yang memiliki Program Unggulan Internasioalisasi Santri. Bermitra dengan Rumah Pintar Dr Tus besutan guru dan ilmuwan muda kenamaan

Banjarnegara, para santri di Pondok yang berdiri pada tahun 2018 tersebut dilatih mampu berdakwah dalam bahasa Inggris.
Menurut Dr Tuswadi, pimpinan Rumah Pintar Dr Tus, program internasionalisasi santri memberikan wadah yang sangat kompetitif dan prestigius bagi para santri yang duduk di kelas VII-IX SMP di Pondok Modern Sabilurrosyad belajar keterampilan berkomunikasi dalam bahasa Inggris untuk kepentingan dakwah.

“Sekali seminggu selama 70 menit saya terjun langsung mengajar para santri berlatih pidato bertemakan keislaman sehingga ketika dewasa nanti para santri akan mampu mengkomunikasikan Islam kepada dunia menggunakan bahasa internasional.

img 20200825 wa0031

Kami telah menyusun kurikulum dan modul berisi materi dakwah sederhana yang mudah dipahami dan dihafalkan oleh para santri melalui pelatihan yang benar-benar membumi,” jelas Dr Tuswadi, anggota Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI) Jakarta.

Sementara menurut Ustad Arif Riyadi, M.Pd., pimpinan Pondok Modern Sabilurrosyad, sejak para santri belajar ilmu dakwah dalam bahasa Inggris bersama Rumah Pintar Dr Tus, kepercayaan diri para santri untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris semakin meningkat.

Apalagi para santri yang memiliki kemampuan lebih juga dibiasakan tampil di depan umum—termasuk memperkenalkan Pondok dan Islam kepada siswa asal Jepang yang berkunjung ke Banjarnegara.
“Di Pondok Modern Muhammadiyah Sabilurrosyad, para santri diproyeksikan untuk lancar berbahasa Arab dan Inggris.

Kami sangat optimis karena dibimbing langsung oleh Dr Tuswadi, yang merupakan lulusan S-2 dan S-3 Hiroshima University di Jepang, para santri kami akan memiliki keunggulan termasuk dalam hal komunikasi dengan warga dunia. Kami punya rencana—sebelum lulus SMP, para santri yang mahir akan kami kirimkan ke sekolah-sekolah di Jepang selama 5 hari untuk memperkenalkan Islam dan Banjarnegara.

Rumah Pintar Dr Tus sudah berkomitmen untuk mewujudkan Program Dakwah to Japan insaa Allah mulai 2021 dan seterusnya,” jelas Ustad Arif.

Program internasionalisasi santri juga melibatkan para anak muda Indonesia berprestasi yang direktrut oleh Rumah Pintar Dr Tus untuk ikut serta menginspirasi para santri agar bercita-cita tinggi.

Seperti minggu kemarin tiga anak muda yang akan studi S-2 ke Hiroshima yakni Adi Riski Hidayat, S.Pd, sarjana terbaik UNNES 2019 dan Muhammad Rizal Mustofa, sarjana Ilmu Politik UNSOED, serta mahasiswa S-1 Al Azhar University Kairo, Mesir, Adam Huda Haqiqi, tampil di hadapan para santri memberikan wawasan mengenai pentingnya meraih pendidikan tertinggi di luar negeri sambil berdakwah.

img 20200825 wa0030

Bagi sekolah atau Pondok Pesantren yang membutuhkan kemitraan untuk program sejenis guna meningkatkan kemampuan komunikasi bahasa Inggris para santri atau peserta didik, bisa melayangkan surat permohonan kepada Rumah Pintar Dr Tus yang berlokasi di desa Tapen kecamatan Wanadadi melalui WA 081391907757.

Rumah Pintar Dr Tus yang juga membuka layanan “Belajar Bahasa Inggris” untuk peserta didik dari SD hingga SLTA menyediakan tenaga pelatih berpendidikan S-1, S-2, dan S-3 dari kampus ternama baik dari dalam maupun luar negeri. ( red Nur Umar)

Next Post

Kapolres Kebumen Ajak Media Mengawal Kebumen dengan Pemberitaan yang Mendinginkan

Sel Agu 25 , 2020
  Polres Kebumen – (Banyumas Pos) Kapolres Kebumen AKBP Rudy […]
img 20200825 wa0032