Sanggar Tari Ngoedi Lestari Santoso Jaga Eksistensi Tari Tradisional

img 20200802 wa0002

Purwokerto—(Banyumas Pos)Pesatnya perkembangan zaman yang dibarengi masuknya budaya luar membuat generasi muda semakin enggan mempelajari kesenian tari tradisional. Berawal dari rasa keprihatinan itu, Juli Widiastuti Agus Santoso (57 th) tergerak untuk mengajak anak-anak berlatih tari dengan mendirikan Sanggar Tari Ngoedi Lestari Santoso di Rumah Joglo Desa Rempoah Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas.

Juli menuturkan, Sanggar Tari Ngoedi Lestari Santoso didirikan untuk mengembangkan minat dan bakat anak-anak di Purwokerto untuk berperan nyata dalam melestarikan seni tari Jawa khususnya Banyumasan.

img 20200802 wa0003

“Anak didik yang bergabung di sanggar ini adalah mereka berusia mulai dari 8 tahun hingga 12 tahun, mereka akan dipandu oleh penari yang cukup terkenal di Purwokerto yaitu Rika Syafira, Aurora dan Oki
” tuturnya.

Menurut Juli, dalam sanggarnya ini, para anak didiknya dilatih menguasai beragam tari. Pelatihan tari di sanggarnya sendiri digelar rutin setiap Minggu dari pukul 09.00 hingga 12.00.

Agar anak-anak semangat belajar menari, pihaknya akan diikut sertakan setiap ada lomba dan pentas pentas di berbagai tempat. Itu dilakukan agar anak-anak lebih percaya diri. Yang terpenting supaya mereka mencintai budaya sendiri.

“Dalam rangka peringatan HUT RI Tahun 2020 ini, anak-anak akan menampilkan Tari Ngerong khas Banyumasan di Satelit TV dalam Acara Hiburan Rakyat Virtual,” tambahnya. (Lia)

Next Post

Bupati Banyumas Bersama Ratusan Warga Salat Idul Adha di Alun-alun Purwokerto

Ming Agu 2 , 2020
PURWOKERTO – (Banyumas Pos)Bupati Banyumas Achmad Husein berserta keluarga dengan […]
img 20200802 wa0005