“SABILULUNGAN” GIAT GOTONG ROYONG YANG TETAP TERJAGA DI DESA CISALAK

img 20201011 120705

CIANJUR – Banyumaspos.com

Sebanyak lima puluh warga masyarakat RW 05 Desa Cisalak bahu membahu bergotong royong membersihkan kali terusan Cisalak yang melintasi wilayah RW 05 kampung Cisalak hilir,Minggu 11/10/20.

Terusan kali Cisalak sepanjang100 meter dengan lebar 6 meter tersebut, dibersihkan warga dari sampah dan rumput serta pohon tumbang yang menghambat aliran kali, giat gotong royong dimotori oleh ketua karangtaruna RW 05 Rohidin didampingi Ketua RW 05 desa Cisalak Drs.Endang Sutisna.

img 20201011 121033

“Kami membersihkan kali ini, selain untuk memperlancar aliran kali, khususnya dimasa sulit air seperti saat ini karena pembangunan bendungan sungai gede Cikondang, juga ini sebagai pesan bagi warga, khususnya di wilayah RW 05 yang terlintasi aliran kali terusan cisalak ini untuk tetap menjaga kebersihan kali,dengan tidak membuang sampah ke kali,” ujar Rohidin.

Aliran air terusan kali Cisalak, bersumber dari aliran mata air Cisempug yang berada di desa Cipetir dan pintu irigasi air Kali Cisalak yang berhulu dari bendungan Sungai Gede Cikondang, aliran air kali terusan ini mengaliri sekurangnya 20 hektar sawah hanya untuk di wilayah dusun Cisalak Hilir saja,aliran air terusan kali cisalak ini juga mengairi sawah di dua desa berikutnya yaitu desa Sukamaju dan Sukaraharja.

img 20201011 121112

Selain untuk mengairi sawah warga tiga desa, aliran terusan kali Cisalak juga sangat dibutuhkan warga masyarakat dusun Cisalak hilir untuk kebutuhan mandi,mencuci serta kebutuhan lainnya.

Tradisi gotong royong atau dikenal dengan istilah dalam bahasa sunda ” SABILULUNGAN” masih tetap terjaga di warga masyarakat Desa Cisalak khususnya di dusun Cisalak Hilir, ini adalah hal yang patut diappresiasi dan dijaga terus oleh Pemerintahan Desa Cisalak khususnya dan Pemerintahan diatasnya, mengingat tidak sedikit, sikap ketidak pedulian lingkungan warga masyarakat, dalam menjaga marwah gotong royong dan bersikap individualistis.

img 20201011 120805

Sementara itu ketua RW 05 desa Cisalak, Drs.Endang Sutisna mengatakan kegiatan gotong royong yang dilaksanakan adalah satu program peduli lingkungan hidup di RW 05, khususnya pada penanggulangan dan penanganan masalah sampah,

“Ini adalah program peduli lingkungan yang ada di RW 05, dalam menangani sampah dan kami memberdayakan karangtaruna untuk menggerakan para pemuda disalurkan ke kegiatan kegiatan yang bermanfaat,” ungkap Endang.

img20201011120252

Salah seorang pemuda dusun Cisalak Hilir dan juga aktivis pemerhati lingkungan, Mohamad Riyan mengatakan, kegiatan gotong royong ini adalah salah satu kegiatan positif khususnya untuk para pemuda dalam peduli lingkungan,

img 20201011 120950

“Saya sebagai bagian dari pemuda dusun Cisalak hilir, merasa bangga dan mengappresiasi ketua RW 05 desa Cisalak dan ketua Karangtaruna RW 05 dengan mengadakan kegiatan peduli lingkungan ini, dan saya berharap giat positif seperti ini akan terus dilaksanakan,” kata Ryan.(taufik. Winata)

Next Post

Tips Sehat dengan Curcuma xanthorrizha, Roxb.

Ming Okt 11 , 2020
Gambar: Curcuma xanthorrizha, Roxb. Sumber gambar: Budi Daya Temulawak (Tim […]
gbr temulawak bp okt 2020