Rumah Penampungan ODGJ Desa Winong Mirit akan DIbangun Butuh Bantuan Donatur

img 20200120 wa0001

img 20200120 wa0002

Rumah Penampungan ODGJ Desa Winong Mirit akan DIbangun Butuh Bantuan Donatur

Kebumen (Banyums Pos)

Tempat Penampungan ODGJ tradisional Mbah Marsiyo di Desa Winong Kecamatan Mirit mendapat kunjungan team dari Pemerintah Kabupaten Kebumen, Jumat (17/1). Rombongan terdiri dari DInas Kesehatan, Dinas Sosial, dan Dinas PUPR, yang dipimpin sendiri oleh dr.Budi Satrio, MKes, (Kepala DInas Kesehatan Kabupaten Kebumen)

Rombongan diterima oleh Mbah Marsiyo, yang didampingi oleh Kepala Puskesmas beserta team medisnya,dan Kepala Desa Winong beserta perangkatnya.

Ketua team Budi Satrio menyampaikan bahwa, Pemkab Kebumen masih tetap concern dengan permasalahan ODGJ yang jumlahnya cukup besar.Pada 2 tahun sebelumnya Pemkab sudah membangun Rumah SInggah Dosaraso yang dibangun dengan dana CSR.

Rusi Dosaraso untuk mempersiapkan pasien ODGJ yg selesai medikasi untuk terjun ke masyarakat, yang dikelola oleh DInas Sosial PPKB. Berdasarkan data empiris menunjukkan bahwa 50% sampai dengan 92% ODGJ berat akan kambuh pada tahun pertama setelah pengobatan, Hal ini terjadi karena factor lingkungan di rumah dan di masyarakat tidak dirubah dan pengobatan tidak teratur.

Sekarang pemkab akan fokus pada tempat penampungan tradisional terutama yang di desa Winong Kecamatan Kebumen. Ada 2 alternatif perlakuan terhadap penampungan ini, yaitu ditutup atau diteruskan dengan lebih professional.

Pertimbangan untuk merencanakan meneruskan karena pertama, apa yang dilakukan dengan menampung para ODGJ luar biasa dan gratis, sudah lebih 30 tahun. Serta telah memberi solusi bagi masyarakat yang miskin ditambah keluarganya menderita ODGJ berat.

Kedua kondisi ODGJ dipenampungan sangat memprihatinkan. Mulai dari kondisi pasien yang dipasung, tempat kotor hingga terbatasnya makanan. Sehingga solusi yang direncakan adalah menyelesaikan tiga permasalahan yang mendesak tersebut dan secara parallel membenahi aspek legal. Bahkan jika memungkinkan terpat. (Lia)

Next Post

HARI KESADARAN NASIONAL, KAPOLRES CIANJUR PERINTAHKAN LAKSANAKAN PROGRAM 4 R KEPADA JAJARANNYA

Sen Jan 20 , 2020
HARI KESADARAN NASIONAL, KAPOLRES CIANJUR PERINTAHKAN LAKSANAKAN PROGRAM 4 R […]
img 20200120 wa0008