RT 03/RW 02 DESA TAPEN GELAR LOMBA TUJUHBELASAN

img 20200817 wa0048

Banjarnegara – Banyumas pos 17/08/2020
Tidak hanya di tingkat desa, di tingkat rukun tetangga (RT) pun warga masyarakat begitu antosias memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 dengan berbagai jenis perlombaan khas pedesaan.

Seperti RT 03/RW 02 desa Tapen di kecamatan Wanadadi kabupaten Banjarnegara sejak 13 Agustus hingga 16 Agustus 2020 menggelar Lomba Tujuhbelasan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19.

Suasananya sangat meriah meski serba sederhana karena murni mengandalkan swadaya warga.
Menurut Ketua RT, Habib Muhtar (50), beberapa perlombaan baik untuk dewasa maupun anak-anak yang dipertandingkan adalah Pingpong atau tenis meja, lomba mancing atau parak ikan di saluran irigasi, lomba makan kerupuk, dan lomba sepeda hias untuk anak-anak.

img 20200817 wa0049

Di acara puncak, yakni malam 17, diadakan tirakatan di rumah salah satu warga sekaligus pembagian hadiah bagi para pemenang lomba dan makan bersama.

Untuk menjaga keamanan dan kesehatan di masa pandemi COVID-19, sejak awal pengurus RT telah woro-woro kepada warganya untuk mematuhi aturan dasar ketika hadir di ajang kegiatan yang memang terdapat kerumuman orang. Ketua Panitia, Darimun (40), menjelaskan tiga protokol kesehatan selama berkegiatan lomba tujuhbelasan yaitu memakai masker, cuci tangan menggunakan sabun, dan tidak merokok di seluruh area kegiatan.

“Pemerintah selalu mengingatkan agar warga masyarakat waspada COVID-19, dan kami berusaha untuk mentaati protokol kesehatan dan menghimbau warga untuk melakukannya demi kesehatan dan keamanan semua,” jelas Darimun.

Terlihat di tempat kegiatan, anak-anak banyak yang menggunakan masker, begitu pula orang dewasa.

Peringatan tujuhbelasan di tahun 2020 ini memang nuansanya sungguh berbeda dibandingkan dengan pada tahun-tahun sebelumnya.

Di masa wabah COVID-19 Upacara Bendera di lapangan desa juga ditiadakan, Sejumlah warga mengikuti Upacara melalui saluran televisi yang diselenggarakan oleh Kepresidenan RI.

“Kami berdoa semoga wabah COVID-19 segera berlalu dari Indonesia dan seluruh dunia, Kasihan anak-anak sampai hari ini tidak bisa sekolah secara normal, dan tidak sedikit masyarakat yang terkena dampak termasuk dalam hal ekonomi,” kata Masngud (44), salah satu warga yang ikut aktif sebagai panitia lomba tujuh belasan.
(Red Nur Umar)

Next Post

Koramil 1323/Cigugur Melaksanakan Kegiatan Penertiban Protokol Kesehatan Covid 19 Di Obyek Wisata Citumang

Sel Agu 18 , 2020
  Pangandaran – Banyumas pos 17/08/2020. Untuk menjaga ketertiban dan […]
img 20200818 wa0009