ROMBONGAN DINAS KESEHATAN KABUPATEN CIANJUR KUNJUNGI POSKO BENCANA TANAH LONGSOR

img 20200327 wa0000

img 20200327 wa0003

img 20200327 wa0001

ROMBONGAN DINAS KESEHATAN KABUPATEN CIANJUR KUNJUNGI POSKO BENCANA TANAH LONGSOR

CIANJUR -Banyumas Pos

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkea Kabupaten Cianjur Hj.Teny Hernawati,S.K.M.,M.Kes. didampingi Kasie Kesehatan Keluarga & Gizi Rina Yudiantini S.SiT, M.Kes beserta rombongan mengunjungi Posko Bencana Tanah Longsor di Desa Karangnunggal Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur,Jum’at 27/03/20.

Kabid Kesmas mewakili Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur dalam kunjungannya memantau langsung dan mengecek kesiapan petugas kesehatan di lapangan yang ditugaskan membantu penanganan Bencana Longsor dalam pelayanan kesehatan bagi para pengungsi.

Perhatian khusus diberikan kepada para Ibu Hamil, Bayi dan Balita dimana sangat rentan terserang berbagai penyakit pasca tanah longsor terjadi.

Kabid Kesmas Dinkes Kabupaten Cianjur Hj.Teny Hernawati mengungkapkan tujuan kunjungannya ke Posko Bencana kepada banyumaspos.com

“Kami dari Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur khususnya dari Bidang Kesehatan masyarakat meninjau langsung para pengungsi di Posko penanganan Bencana untuk memastikan kondisi kesehatan masyarakat dalam kondisi baik dan terlayani oleh para petugas kesehatan yang bertugas disini,”ungkapnya.

Dalam penanganan anak anak balita dan Ibu Hamil yang ada dalam posko pengungsian dan tempat tempat yang rawan longsor Hj.Teny menjelaskan ” Kita akan evakuasi Ibu Ibu Hamil dan balita khususnya ke tempat tempat yang lebih aman, karena mereka adalah kelompok kelompok yang rentang yang perlu diperhatikan secara Khusus” jelasnya.

Rombongan Dinkes Kabupaten Cianjur menuju posko dua dimana letak lokasinya tidak jauh dari titik longsor dan menemui salah satu Ibu Hamil di Posko pengungsian, Kabid Kesmas berdialog dengan Ibu Hamil tersebut seputar kesehatan dirinya dan keluhan keluhan yang dialaminya selama di barak pengungsian.
Tercatat ada empat Ibu Hamil dalam daftar pengungsian di posko dua dusun Pasarean dan lebih dari 300 pengungsi setiap malamnya, keluhan masyarakat dan relawan di posko dua dusun Pasarean meminta agar di sediakan petugas kesehatan di posko tersebut dan juga meminta masker, Kabid Kesmas pun berjanji akan koordinasikan untuk petugas kesehatan yang berjaga di posko dua dusun Pasarean dan suply masker akan segera dikirim ke PosLap(Posko Utama) yang berjarak sekitar 1 km dari posko Dua dusun Pasarean.

Dalam kunjungannya Rombongan Dinkes Kabupaten Cianjur memberikan Bantuan berupa Makanan Tambahan untuk Bayi dan Balita, Makanan Tambahan untuk Ibu Hamil, Pakaian layak pakai dan Peralatan Mandi(red.taufik winata)

 

Next Post

KOREM 071/WIJAYAKUSUMA DAN KODIM JAJARAN MELAKSANAKAN PENYEMPROTAN DISINFEKTAN.

Jum Mar 27 , 2020
KOREM 071/WIJAYAKUSUMA DAN KODIM JAJARAN MELAKSANAKAN PENYEMPROTAN DISINFEKTAN. Purwokerto – […]
img 20200327 wa0004