Politeknik Banjarnegara Lahirkan Sanitarian Handal

img 20200901 wa0129

Banjarnegara Banyumas post 01/09/2020 Politeknik Banjarnegara sebagai kampus vokasi unggulan milik Pemerintah Kabupaten Banjarnegara di Provinsi Jawa Tengah mempunyai program studi pelahir tenaga sanitarian yang handal yakni D-3 Kesehatan Lingkungan (Kesling).

Sanitarian merupakan tenaga kesehatan yang ahli dalam kegiatan pengamatan, pengawasan dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka perbaikan kualitas kesehatan lingkungan untuk dapat memelihara, melindungi dan meningkatkan cara-cara hidup bersih dan sehat.

img 20200901 wa0131

Legalitas tenaga sanitarian diatur dalam Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : 373/MENKES/SK/III/2007 Tentang Standar Profesi Sanitarian.

Menurut Dr Tuswadi, Direktur Politeknik Banjarnegara, profesi sanitarian di Indonesia sangatlah penting. Hampir semua institusi termasuk perusahaan-perusahaan membutuhkan tenaga sanitarian.

Pemerintah juga hampir setiap tahun mengangkat calon pegawai negeri sipil (CPNS) atau calon aparatur sipil negara (CASN) untuk mengisi posisi sanitarian di dinas-dinas di bawah Kementrian Kesehatan RI.

“Kuliah di D-3 Kesehatan Lingkungan Politeknik Banjarnegara sangat prospektif bagi para lulusan SMA/SMK/MA maupun Kejar Paket B untuk mempersiapkan karir yang bagus di masa mendatang sebagai tenaga sanitarian yang handal bergelar Ahli Madya Kesehatan Lingkungan. Tahun 2019, dari 38 tenaga sanitarian melalui perjanjian kerja di Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara, sekitar 23 di antaranya terangkat dari alumni D-3 Kesehatan Lingkungan Politeknik Banjarnegara; ada juga yang lulus menjadi ASN. Saya sarankan anak-anak muda yang ingin menjadi tenaga kesehatan sanitarian agar kuliah di D-3 Kesehatan Lingkungan di kampus kami,” jelas Dr Tuswadi yang pernah tampil sebagai bintang tamu Hitam Putih Trans-7.

Manfaatkan KIP Kuliah
Selain program reguler, Politeknik Banjarnegara membuka kesempatan lulusan SLTA berprestasi dari keluarga pra sejahtera untuk tetap bisa kuliah dengan biaya dari pemerintah.

Melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, alumni SLTA yang terseleksi dan diterima kuliah di Politeknik Banjarnegara akan dibiayai secara penuh oleh pemerintah dan mendapatkan tunjangan hidup per bulan sebesar Rp. 700.000,- selama masa studi (tiga tahun).

“Silakan para lulusan SMA/SMK/MA dan Kejar Paket C dari semua jurusan baik itu IPA, IPS, dan lainnya yang memiliki prestasi akademik bagus di dalam nilai raport atau pun ijasah dan berasal dari keluarga tidak mampu segera saja daftar kuliah di D-3 Kesehatan Lingkungan Politeknik Banjarnegara untuk Tahun Akademik 2020/2021.

Kami akan layani dengan sebaik-baiknya sampai sukses,” kata Bayu Suseno, S.KM, Ketua Program Studi D-3 Kesehatan Lingkungan.

D-3 Kesehatan Lingkungan Politeknik Banjarnegara mempunyai gedung kuliah yang megah dan lengkap beserta sejumlah laboratorium yang cukup canggih sebagai tempat praktikum para mahasiswa di bawah bimbingan para dosen/pendidik yang profesional dan berdedikasi dengan latar belakang pendidikan S-2/S-3.

D-3 Kesehatan Lingkungan telah meraih predikat akreditasi B (Baik) selama dua kali oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) dan telah menjalin kerjasama riset dan pendidikan dengan Waku Pro Japan Hijiyama University di Jepang.

img 20200901 wa0130

Pendaftaran mahasiswa baru Politeknik Banjarnegara dilayani setiap hari baik secara on-line maupun tatap muka langsung ke kampus di Jl. Raya Kenteng Km 03 Madukara Banjarnegara Jawa Tengah. Selain D-3 Kesehatan Lingkungan, terdapat program studi lain yang tidak kalah unggul yakni D-3 Kebidanan dan D-3 Agroindustri (Pertanian).

Perkuliahan akan dimulai pada pertengahan September 2020.

Adapun link untuk on-line registration adalah: https://www.polibara.ac.id/pendaftaran-mahasiswa-baru/. Untuk informasi kuliah dan beasiswa dapat menghubungi via Telp/SMS/WA ke 081327997397 atau 085227961372.
(red Umar Nur)

Next Post

Sambut Hari Jadinya, Korem 071/Wijayakusuma Gelar Do'a Bersama

Sel Sep 1 , 2020
Banyumas – Korem 071/Wijayakusuma menggelar Do’a bersama dalam rangka menyambut […]
img 20200901 wa0092