Pesona Dam Banjaran, Sungai Susukan dan Persawahan di Kelurahan Purwanegara Kecamatan Purwokerto Utara

img 20200831 wa0022

Banjarnegara- Banyumas Pos

Kami menyempatkan diri untuk olahraga kecil, jalan pagi dan sedikit jogging.
Kami menyusuri jalan setapak dimana di sebelah kanan adalah sungai Susukan yang mengalir jernih dan di sebelah kiri adalah area persawahan yang membentang. Sungai Susukan ini merupakan sungai saluran irigasi yang mengairi persawahan di daerah kami ini. Sehingga area persawahan di sini tidak pernah kekurangan air walaupun pada waktu musim kemarau sekalipun, karena sistem irigasinya dibangun sedemikian baik, membuat area persawahan ini begitu subur.
Sambil menikmati hangatnya sinar matahari yang baru terbit, udara pagi yang begitu segar membuat rongga pernafasan kami bagai menemukan oase, serta semilir angin dengan tiupan lembut menerpa.

img 20200831 wa0023
Sembari jalan pagi kami disapa oleh bapak petani yang kadang menawarkan sayuran segar yang baru mereka petik dari sawahnya. Dan ibu-ibu yang sedang mencuci pakaian di sungai yang jernih,riuh rendah bercanda dan menggoda kami.
Langit biru muda pagi itu juga begitu memukau, dengan burung-burung kecil yang berterbangan.
Kami begitu mensyukuri lingkungan tempat tinggal kami ini, dimana kami masih bisa merasakan suasana layaknya di pedesaan. Padahal dari pusat kota saja hanya 10 menit naik motor.
Kami terus berjalan- jalan santai hingga sampai di sebuah dam atau bendungan yaitu Dam Banjaran. Dam ini dibangun pada 17 Agustus 1969 dan sampai sekarang masih berdiri kokoh. Dam inilah yang berfungsi sebagai pintu air yang mengatur ketinggian air pada sungai – sungai di bawahnya.
Jika tidak di musim kemarau aliran air di dam Banjaran ini cukup besar dan arusnya cukup deras, layaknya air terjun yang menjatuhkan sejumlah besar air dan meluncur deras sehingga menimbulkan suara air yang bergemuruh saat berbenturan dengan air di bawahnya.

img 20200831 wa0025
Sungguh daerah kami masih sangat asri dan sangat tepat untuk dijadikan sebagai area pertanian, sehingga dapatlah disebut sebagai salah satu lumbung pangan di wilayah kabupaten Banyumas ini.
Kawasan ini masuk dalam wilayah kelurahan Purwanegara kecamatan Purwokerto Utara. Dan akses masuk dapat melalui jln Tanjlig kelurahan Sokanegara di sebelah selatan perempatan RS Geriatri, dan terus masuk hingga mencapai kawasan ini.
Namun kondisi area persawahan saat ini sudah sedikit berubah, oleh karena telah berdiri beberapa bangunan. Dan akankah ke depan bangunan – bangunan dapat semakin bertambah? Sehingga menggeser area persawahan dan digantikan dengan perumahan?
Sebagian warga disini begitu mencintai lingkungan mereka, mencintai alam, sungai dan sekitarnya. Kebersihan sungaipun relatif terjaga dengan baik, dengan tidak membuang sampah ke sungai, walaupun tetap saja ada warga nakal’yang nekat membuang sampah ke sungai. Yang mana di sungai inipun warga masih memanfaatkannya untuk mencuci pakaian bahkan mandi.
Seringkali sungai juga menjadi ajang tempat berenang yang menyenangkan bagi anak – anak, dan lingkungannya sebagai tempat berolahraga jogging, bersepeda bahkan berwisata gratis serta memancing ikan bagi siapa saja.
“Selalu rindu untuk pulang kampung dan selalu ingin ke sungai”ujar bu Ati seorang warga yang telah lama merantau ke Jakarta.
Dan kamipun rindu untuk selalu menikmati alam indah dan kesegaran udara di tempat ini, semoga selalu lestari.(Yamin)

Next Post

Danrem 071/Wijayakusuma Pimpin Ziarah HUT Ke-59 Korem 071/Wijayakusuma

Sen Agu 31 , 2020
  Banyumas – Banyumas Pos Danrem 071/Wijayakusuma, Kolonel Inf Dwi […]
img 20200831 wa0039