Persemaian Banjarnegara Bagikan Ribuan Bibit Pohon Untuk Masyarakat

img 20200910 wa0013

Banjarnegara Banyumas Post 10/09/2020-Persemaian Banjarnegara hasil kerjasama Politeknik Banjarnegara dan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Serayu Opak Progo yang berlokasi di kampus Politeknik di Kelurahan Kenteng Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara menjadi harapan baru bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan bibit tanaman gratis untuk keperluan konservasi lahan maupun pengembangan ekonomi.

Oleh tangan-tangan terampil lulusan terbaik D-3 Agroteknologi Politeknik Banjarnegara di bawah komando Novan Hakim, S.IP selaku manajer persemaian, Persemaian Banjarnegara mampu memproduksi ribuan bibit pohon dengan kualitas prima.

Meskipun usianya masih relatif sangat muda yakni dua tahun, sepak terjang Persemaian Banjarnegara telah diakui oleh pakar internasional di bidang macadamia. Terbukti pada tahun 2019 pengembangan perdana puluhan ribu bibit pohon kacang macadamia asli Negeri Kangoro di Persemaian Banjarnegara berhasil gemilang.

 

Benih macadamia sebanyak 643 kg menghasilkan taburan 80,638 biji, ditabur di 44 bedeng tabur. Tumbuh menjadi 51,618 sapihan bibit (64 %), dan hasil akhir sebanyak 50,000 batang bibit (62 %). Persentase kecambah dan tumbuh tertinggi di Indonesia, dimana standar di Australia 70 %. Dari 80.000 biji kacang yang didatangkan ke Politeknik oleh pihak Kementrian Kehutanan RI dari New South Wales Australia, 60.000 di antaranya tumbuh normal.

Prestasi ini diakui secara nasional dimana dari 9 daerah yang dipercaya oleh Kementrian untuk mengembangkan bibit pohon kacang macadamia untuk keperluan konservasi lahan kritis, Persemaian Banjarnegara meraih hasil terbaik.

Sampai sekarang lebih dari 40,000 bibit pohon kacang macadamia yang harga kacang per kilonya saat panen mencapai Rp. 250.000,- itu telah terdistribusikan kepada masyarakat di wilayah berketinggian di atas 800 meter di atas permukaan laut termasuk di daerah pegunungan Dieng Banjarnegara dan Wonosobo.

 

Berbagai Jenis Bibit Pohon
Selain kacang macadamia, mulai tahun ini Persemaian Banjarnegara juga memperbanyak bibit berbagai jenis pohon tanaman keras termasuk buah-buahan. Ir. Sri Handayaningsih, M.Sc, Kepala BPDASHL mempersilakan masyarakat di wilayah DAS Serayu, Opak, Progo untuk tidak sungkan-sungkan mengajukan pengambilan bibit pohon secara gratis untuk mendukung kegiatan konservasi di wilayah atau desa masing-masing.

img 20200910 wa0014

“Pihak desa, kelompok tani, kelompok pemuda, atau bahkan perorangan diperbolehkan mengajukan pengambilan bibit pohon ke Persemaian Banjarnegara. Ada sekitar 16 jenis bibit tanaman. Layangkan saja surat permohonan kepada Direktur Politeknik atau Kepala Balai untuk memproses pengambilan bibit.

Kami akan memenuhi permitaan sesuai dengan kapasitas yang kami bisa. Ada bibit pohon macadamia, albasia, pucuk merah, sapu tangan, jambu, durian, nangka, sirsak, alpukat, petai, jengkol, dan masih banyak lagi. Jika persediaan bibit pohon di Persemaian terbatas—para pemohon pengambilan bibit biasanya harus antri, menunggu beberapa hari/minggu sampai tersedia bibit pohon yang dibutuhkan, ” jelas Sri Handayaningsih.

Sementara itu Direktur Politeknik Banjarnegara, Dr Tuswadi, mengatakan bahwa Persemaian Banjarnegara selain sebagai sentra penyediaan bibit gratis bagi masyarakat, juga berfungsi sebagai pusat edukasi seputar dunia pertanian.

Pihaknya membuka lebar-lebar hadirnya peserta didik dari PAUD sampai SLTA atau pun kelompok-kelompok pemuda untuk belajar mengenal dunia pertanian khususnya ilmu persemaian dan perawatan bibit tanaman. Bertempat di kelas baik in door maupun out door pengunjung persemaian akan mendapatkan kuliah umum oleh praktisi atau dosen Agroindustri dan praktek okulasi, kultur jaringan, dan lain-lain sesuai permintaan.

Pihak Pemerintah Kabupaten Banjarnegara sangat mengapresiasi keberadaan Persemaian Banjarnegara. Bupati Banjarnegara melalui Sekda Drs. Indarto, M.Si optimis layanan Persemaian Banjarnegara akan turut mendukung terwujudnya masyarakat Banjarnegara yang Bermartabat dan Sejahtera.

img 20200910 wa0012

“Kontribusi Persemaian Banjarnegara pasti terasakan oleh masyarakat. Sekarang masyarakat Banjarnegara dan sekitarnya tidak perlu jauh-jauh ke Persemaian BPDASHL di Yogyakarta atau Gunung Kidul untuk mengambil bibit tanaman gratis.

Cukup datang ke kampus Politeknik Banjarnegara. Kami juga berharap Persemaian ini mendukung Program Penghijauan tepi jalan raya yang mulus sehingga Banjarnegara akan lebih cantik dan nyaman,” ujar Sekda Drs. Indarto.

Untuk informasi seputar layanan Persemaian Banjarnegara di Politeknik Banjarnegara masyarakat dapat menghubungi melalui TELP/SMS/WA ke 082136462406 (Novan) atau 082134449997 (Bondan) pada hari dan jam kerja (Senin-Sabtu pukul 08.00-16.00 Wib). (Red Umar Nurs)

Next Post

KAPOLRES CIANJUR : Sayangilah Diri Anda Dan Keluarga Dengan Gunakan Masker

Jum Sep 11 , 2020
CIANJUR – Banyumas Pos Kapolres Cianjur AKBP.Moch Rifa’i,S.IK.,M.Krim pimpin pembagian […]
img 20200910 wa0025