Peringati Hari Batik Nasional Pendamping Desa Di Kabupaten Banjarnegara Terbangkan Layang – Layang Motif Batik

img 20201006 wa0059

BANJARNEGARA Banyumas Pos 06/10/2020_Pendamping Profesional Desa di Banjarnegara terbangkan Layang – layang bermotiv batik di lapangan rawa lutung Desa Wisata Pagak sebanyak 50 layang – layang yang berasal dari desa – desa di Banjarnegara, melalui gerakan para pendamping desa yang tersebar di 20 Kecamatan di Banjarnegara, kegiatan yang berlangsung merupakan rangkaian peringatan Hari Batik Nasional (HBN) 2020 yaitu Gebyar Layang-layang Batik (Gelatik) Tahun 2020 dengan tema Dari Pendamping Desa, Untuk Indonesia.

Gelatik ini merupakan aksi penerbangan layang-layang batik secara daring dan serentak di 297 Kabupatan/Kota di 33 provinsi dengan melibatkan 315 tim dengan perkiraan melibatkan lebih dari enam ribu peserta yang merupakan Tenaga Pendamping Profesional Desa, yang berlangsung secara virtual

Dalam arahanya Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trasmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengatakan, Pendamping Profesional Desa di semua tingkatan menunjukkan prestasi yang membanggakan dan luar biasa bagi kepentingan melestarikan dan mengembangkan budaya bangsa melalui Gelatik 2020.

img 20201006 wa0060

“Saya tidak membayangkan para pendamping desa memberikan kejutan yang luar biasa dengan menerbangkan layang-layang di tempat terbanyak di 297 Kabupatan/Kota di 33 provinsi dengan melibatkan 315 tim,” kata Gus Menteri, sapaan akrabnya secara virtual.

“Ini momentum bagus karena Batik tidak belum hilang dari bumi nusantara karena batik merupakan warisan nenek moyang kita yang telah diakui oleh UNESCO sebagai Peninggalan Budaya Dunia Tak Benda karena miliki filosofi yang sangat mendalam,” tutup gus menteri

Penerbangan layang – layang secara serentak dimulai pukul 14.00 wib, Salah satu peserta layang – layang di Lapangan Rawa lutung Desa Wisata Pagak Hafid Lukmansah menuturkan untuk menerbangkan layang – layang tidak terlalu sulit apalagi anginya juga stabil sehari – hari juga banyak anak kecil yang menerbangkan di lapangan rawa lutung, lokasi dan angin mendukung untuk bermain dan santai dengan keluarga.

Arif Nurul Huda Koordinator Tenaga Ahli Kabupaten Banjarnegara / ketua panitia pelaksanaan tingkat Kabupaten Banjarnegara menjelaskan kegiatan yang berlangsung merupakan program nasional Pendamping Desa melalui Kementerian Desa PDTT RI, ini sebagai upaya meningkatkan serta mendorong gerakan bangga menggunakan batik.
sekaligus pemecahan rekor MURI dengan kategori Menerbangkan Layang – Layang Dengan Motif Batik Secara Virtual Bersama Gus Menteri Desa Abdul Halim Iskandar.

Kepala Desa Pagak Sudarwo mengucapkan terimakasih dengan adanya pelaksanaan layang – layang di desa Pagak, turut mendukung kunjungan di Desa Wisata Pagak. (red Nur s Dimas)

Next Post

Ternyata Ini Strategi Operasi Yustisi Polres Kebumen, AKBP Rudy: Warga yang Patuh Kasih Reward!

Rab Okt 7 , 2020
Kebumen – (Banyumas Pos) Operasi yustisi yang tengah digencarkan Polres […]
img 20201007 wa0010