Pengukuhan pengurus HPDKI DPC Kebumen Di Wotbuono Peternak Kambing Eko

img 20200109 wa0002

Banyumaspos

Pengukuhan pengurus HPDKI DPC Kebumen Di Wotbuono Peternak Kambing Eko

Kebumen (Banyumas Pos)

Pengukuhan Pengutusa HPDKI DPC Kebumen,di desa Wotbuono Klirong,Kamis 9/01/2020. Pengukuhan ini dengan visi kedepan mensejahterakan peternak di Kabupaten Kebumen,dengan pola ternak modern di domba kambing kontes etawa dan kambing daging,dan burung yang di Ketuai oleh Eko Suryanto,dan anggota Paguyuban ini ada 120 anggota.Pengukuhan ini dihadiri Ka.Dinas Pertanian dan Pangan Bidang peternakan Drh.Indarnihin (Kasi Pembibitan dan Produksi),Pujianto Sbio M.M (Kasi Pengolahan dan Pakan),Drh.Marti Ike Wahyu Erawati MP (Kasi Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner )dan DPP Jawa Tengah Akbar Mahali yang Mengukuhkan HPDKI DPC Kebumen.

Dalam wawancaranya bersama wartawati Eko mengatakan,Anggota ini dari Kecamatan Poncowarno,Kecamatan Prembun,Kecamatan Ambal,Kecamatan Klirong, Kecamatan Petanahan,Kecamatan Ayah,Kecamatan Karanggayam,Kecamatan Adimulyo, dan beberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Kebumen,Ungkap Eko.

Eko juga menjelaskan,Untuk domba ada tiga domba,domba ekor besar atau gibas domba gembel,dan biasa ekor tipis,dan domba merino atau domba dengan endemik Australia. Untuk populasi kambing kurang lebih 125 sampai 130 ekor kita di sini ada kambing etawa kambing boer kambing cross boer kambing merino dan Jawa randu cross boer adalah persilangan dari gen atau darah yang endemik Australia dengan beberapa kambing lokal.

Tujuan dari peternak kambing ini adalah peternak mandiri bisa bersinergi,dengan program Dinas pertanian dan pangan dengan peternak kambing yang ada di Kabupaten Kebumen. Harapan kedepan program dinas dapat bersinergi atau bisa bekerjasama dengan dinas, karena selama ini kita adalah peternak-peternak mandiri atau peternak yang belum dibina oleh dinas yang kurang lebih 45 sampai 50 orang, karena proses pendataan itu berjalan,tandas Eko.

Dalam pengukuhan DPP Jawa Tengah Akbar Mahali mengatakan, Timbunan peternak domba dan kambing Indonesia adalah sebuah organisasi atau asosiasi bagi stakeholder di bidang peternakan kambing dan domba.di Kebumen dengan wadah ini bisa kita manfaatkan bersama untuk kemajuan kemajuan peternakan kambing dan domba yang ada di wilayah Kebumen. yang nantinya Kebumen akan menjadi sentralnya,karena saya melihat dari temen-temen sini potensi untuk kambing domba juga lumayan besar.Kita coba dalam sebuah wadah di DPC dewan pengurus cabang hpdki. Wardah ini mereka bisa saling silaturahmi dan belajar bareng ben iso maju bareng, intinya itu insya Allah itu jadi sarana mereka untuk saling berbagi, saling belajar.ini adalah DPC yang ke-12 jadi kita merintis untuk Jawa Tengah yang bertahap,Ungkap Akbar.

Ka Dinas Pertanian dan Pangan Bidang Peternakan,yang diwakili oleh Drh.Indarnihin,(Kasi Pembibitan dan Produksi) dalam sambutanyanya mengatakan, Kami mendukung dan mengapresiasi terbentuknya HPDKI cabang Kebumen sebagai himpunan yang bergerak dibidang komoditas peternakan harus bermitra dan Kabupaten Kebumen yang menangani yaitu dari Dinas Pertanian dan Pangan. Alhamdulillah ini bisa terwujud dan terima kasih sekali untuk mensejahterakan peternak kambing dan domba khususnya di kabupaten Kebumen. saya mendukung sekali karena memang untuk pembinaan secara berkelanjutan itu memang harus kita laksanakan dan juga di dinas,karena kelompok yang sudah menerima itu kadang-kadang tidak bisa secara kontinyu.kita akan membina dengan adanya wadah ini kita satukan untuk pembinaan secara kontinyu.sangat mendukung sekali dan tak lupa juga pembinaan itu harus kita laksanakan terus-menerus supaya penjualannya lebih bagus harganya,Ungkap Indarnihin. (Lia)

Next Post

KAPOLRES CIANJUR GALANG DANA UNTUK PONPES ASOBANIAH >>Mengajak jajarannya untuk mencintai anak yatim

Kam Jan 9 , 2020
KAPOLRES CIANJUR GALANG DANA UNTUK PONPES ASOBANIAH >>Mengajak jajarannya untuk […]
img 20200109 wa0006