Pendidikan Politik Untuk Perempuan Cilacap

20200314 135633

img 20200314 wa0013

img 20200314 wa0012

Pendidikan Politik Untuk Perempuan Cilacap

Cilacap (Banyumas Pos)

Dalam rangka memperingati Hari Perempuan Sedunia pada tanggal 8/3/2020 bertempat di Rumah Makan Taman / RMT Aroma diadakan Silaturahmi dan Open Study tentang Politik untuk Perempuan Indonesia khususnya para perempuan di Kabupaten Cilacap. Dengan menghadirkan beberapa narasumber diantaranya adalah Bp H Sidi Mawardi SS, M.Si dia adalah Anggota Fraksi Partai Golongan Karya DPRD TK I JAWA TENGAH selaku Penyelenggara acara tersebut.

Dihadiri oleh undangan yang berjumlah sekitar 150 orang dalam kesempatan tersebut juga disampaikan Materi Pentingnya Pendidikan Politik untuk Perempuan oleh Drs Ahmad Sabiq dia adalah dosen Fakultas Ilmu Politik Universitas Jendral Soedirman (UNSOED) Purwokerto.

Dia menyampaikan bahwa Politik itu adalah Pengambilan keputusan kolektif atau pembuatan kebijakan umum untuk masyarakat seluruhnya.Keputusan politik adalah keputusan yang bersifat mengikat,menyangkut dan mempengaruhi masyarakat umum,biasanya diurus dan diselenggarakan oleh lembaga-lembaga pemerintahan.Oleh karena itu keputusan politik dapat pula dipakai sebagai pilhan terbaik dari berbagai alternatif mengenai unsur-unsur yang ada dikalangan pemerintahan.

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan beberapa strategi dan aksi dalam rangka Meningkatkan Peran Perempuan dalam Pengambilan Keputusan Politik.Diantaranya adalah :
1. Strategi dan Aksi Politik kepada Negara : dalam hal ini terhadap lembaga-lembaga negara yakni pemerintah dan birokrasi merupakan institusi pemegang kekuasaan untuk mendorong partisipasi dan keterwakilan perempuan dalam dunia politik
2. Strategi dan Aksi Politik kepada Masyarakat : dalam hal ini meliputi lembaga,komunitas,lembaga pendidikan dan keagamaan,organisasi sosial,kelompok budaya. Strategi dan Aksi ini dilakukan melalui Penyadaran dan Sosialisasi tentang pentingnya partisipasi dan keterwakilan perempuan dalam dunia politik.

Lebih lanjut disampaikan pula bahwa keputusan politik dan kaum perempuan adalah saling mengikat.Keputusan politik sangat menentukan hampir disemua aspek kehidupan baik kehidupan pribadi,keluarga,maupun dalam kehidupan bermasyarakat.

Keputusan politik di satu sisi dapat berpengaruh positif terhadap kehidupan perempuan jika pengambilan keputusannya berpihak kepada perempuan.Dan sebaliknya disisi lain keputusan politik dapat berpengaruh negativ terhadap perempuan bila pengambilan keputusannya tidak berpihak kepada perempuan.

Diakhir Open Study tersebut juga disampaikan Ajakan kepada perempuan indonesia khususnya perempuan di kabupaten cilacap agar mananamkan sikap “Keharusan” untuk selalu berperan serta dan aktif disetiap pembuatan keputusan dengan tujuan yaitu sebagai upaya pencegahan Diskriminasi terhadap kaum perempuan yang selama ini banyak terjadi di masyarakat kita.

Beberapa bentuk kasus Diskriminasi perempuan diantaranya adalah UU Perkawinan,UU PPLN (Perlindungan dan Penempatan Pekerja Luar Negeri), UU Perlindungan PRT,dan UU Kesejahteraan Sosial.Lebih lanjut disebut pula pentingnya membuat jaringan aktivis perempuan yang diyakini kelak akan mampu memberikan manfaat nyata dan berstruktur baik dalam lembaga Legislatif,Eksekutif maupun Yudikatif.

Besar harapan agar suara perempuan lebih bisa didengar karena selama ini gerakan-gerakan perempuan cenderung mengalami Fragmentasi dikalangan aktivis perempuan.( *Wiyanti* )

Next Post

Peringatan Isro' Mi'roj Dan Santunan Anak Yatim Di Desa Sawangan.

Sab Mar 14 , 2020
Peringatan Isro’ Mi’roj Dan Santunan Anak Yatim Di Desa Sawangan. […]
img 20200314 wa0016