PEMKAB CILACAP MEMBENTUK DESA BERSINAR GUNA UPAYA PENCEGAHAN NARKOBA

 

Cilacap – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Cilacap menggelar Rapat Koordinasi Fasilitasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Jalabumi, komplek Setda Kabupaten Cilacap, Jumat (04/10/2019).

Rakor dihadiri 85 orang diantaranya, Assisten II Bidang Pemerintahan dan Kesra, Dian Setyabudi, Kepala Bakesbangpol, Sadmoko Danardono, Kepala BNNK Cilacap, AKBP Triatmo Hamardiyono, Kasi P2M BNNK Cilacap, Parwito, Kanit I Narkoba Polres Cilacap, Iptu Setyo, Bea dan Cukai Cilacap, perwakilan Kepala Desa dan Camat se-Kabupaten Cilacap serta tamu undangan lainnya.

Upaya pencegahan Narkoba yang dilakukan Pemkab Cilacap yakni menumbuhkan sikap menolak peredaran Narkoba dan membentuk Desa Bersih Narkoba (Desa Bersinar) bekerjasama dengan BNNK Cilacap dan TNI-Polri Cilacap.

Desa bersinar adalah sebuah program pemberdayaan masyarakat dimana masyarakat diajak bersama-sama untuk memerangi Narkoba dengan harapan peran serta masyarakat agar dapat menumbuhkan kesadaran untuk melakukan upaya pencegahan terkait bahaya peredaran dan penyalahgunaan Narkoba.

“Adanya partisipasi dan peran serta masyarakat dalam memerangi Narkoba dengan wajib melaporkan setiap adanya peredaran Narkoba di lingkungan warga dan membuat posko anti Narkoba serta melengkapi kelengkapan dan struktur organisasi dengan satgas anti Narkoba,” jelas Dian.

Harapannya, dengan upaya yang telah dilakukan ini didukung semua elemen masyarakat guna berpartisipasi dan mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama berkomitmen menyatakan perang terhadap peredaran Narkoba, khususnya di Kabupaten Cilacap.

Sementara, AKBP Triatmo Hamardiyono mengatakan program Desa Bersinar merupakan program pemerintah guna menanggulangi peredaran dan penyalahgunaan narkoba di masyarakat.

Lebih lanjut, dua desa di masing-masing Kecamatan di wilayah Kabupaten Cilacap nantinya akan dibentuk Desa Bersinar yang bebas dari Narkoba dan nantinya akan diadakan lomba dan penilaian Desa Bersinar terbaik di tingkat Polres Cilacap. (Gal)

Berita Terkait

Leave a Comment