PEMERINTAH INDONESIA TIDAK ADA TAWAR MENAWAR DENGAN PEMERINTAH REPUBLIK RAKYAT TIONGKOK (RRT) SOAL LAUT NATUNA

20200112 044959

Banyumaspos

PEMERINTAH INDONESIA TIDAK ADA TAWAR MENAWAR DENGAN PEMERINTAH REPUBLIK RAKYAT TIONGKOK (RRT) SOAL LAUT NATUNA

Jakarta (Banyumas Pos) – Kehadiran Presiden Jokowi di Pulau Natuna, Rabu, 08 Januari 2020; ada yang setuju, ada yang setengah tidak setuju ada juga yang nyinyir. Yang setuju berpendapat bahwa langkah Jokowi, tepat untuk mengetahui situasi langsung di Natuna. Yang setengah setuju katakan apa harus Presiden langsung yang turun, apa tidak cukup Menlunya dan Bakamla. Yang nyinyir, bahwa langkah Jokowi over acting.

Yang menarik mengapa laut Natuna sebagai Zona Ekonomi eklusif menjadi incaran negara-negara tetangga, khususnya Cina. Karena dari luas laut ZEE Indonesia : 6.159.032 Km2, Cina :2.287.969 Km2. Panjang Pantai Indonesia : 95.181 Km2 dan Cina : 30.067 Km2.(Sumber Muhammad Djufri – 2015).
Apalagi Vietnam yang tentu lebih kecil dari apa yang dimiliki Indonesia maupun Cina. Jadi diakui atau tidak faktor-faktor tersebut memicu dapat timbulnya sengketa perbatasan.

Penguatan armada dan pengiriman nelayan di laut Natuna untuk mencegah atau nengurangi kegiatan ilegal fishing oleh kapal-kapal asing adalah sangat tepat, agar peristiwa seperti ditabraknya kapal KRI Tjiptadi 381 oleh Kapal Dinasnya Perikanan Vietnam (KN 261), tidak terulang. Dan tentunya dengan dikirimnya para nelayan-nelayan Indonesia untuk beroperasi di laut Natuna akan berdampak kepada peningkatan tangkapan dan mendongkrak nilai ekspor ikan kemanca negara.

Tidak kalah penting pendekatan deplomasi perlu dilakukan baik melalui Kementrian -kementrian terkait atau sekiranya sangat urgent langkah seperti yang dilakukan Presiden Jokowidodo agar Pemerintah Cina menghormati Kedaulatan Zona Ekonomi Eksklusif Laut Natuna Utara sesuai pasal 56 The United Nation Convention og The Law of The Sea, sangat tepat.

Dengan telah turunnya suhu perselisihan antara Pemerintah Indonesia dengan Cina, hendaknya kita dukung langkah Pemerintah demi kewibawaan dan nama besar Negara Republik Indonesia di mata Dunia.(Santo).

Next Post

OPERASI CIPTA KONDISI POLRES CIANJUR>>SITA RATUSAN BOTOL MIRAS

Ming Jan 12 , 2020
OPERASI CIPTA KONDISI POLRES CIANJUR>>SITA RATUSAN BOTOL MIRAS CIANJUR (Banyumas […]
img 20200112 wa0008