Pemerintah Berdayakan Masyarakat Melalui Program Swakelola

img 20201028 wa0028

JakartaBanyumaspos.com

Dalam membantu masyarakat yang terdampak covid 19 ini , juga guna meningkatkan kualitas pertanian , Pemerintah melalui Kemeneterian PUPR mengadakan program swakelola .
Program swakelola ini berupa pembangunan saluran irigasi pertanian . Program Swakelola yang ini dikerjakan oleh masyarakat kelompok tani itu sendiri.

Dalam proyek pembuatan saluran irigasi ini anggaran berasal dari Kementerian PUPR.

img 20201028 wa0027
Proyek pekerjaan P3 – TGAI melalui BBWS Pemali Juana, Proyek irigasi ini dilaksanakan di Desa Jejeg Kecamatan Bumijawa Tegal Jawa Tengah.

Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat akibat dampak dari covid 19 juga meningkatkan hasil pertanian masyarakat diadakan program swakelola oleh Pemerintah . Dalam peogram ini Pemerintah memberikan anggaran kepada Desa untuk membuat saluran irigasi .Dari proyek ini masyarakat akan mendapatkam penghasilan upah , disamping itu juga saluran irigasi akan mengalirkan persawahan milik masyarakat yang akan meningkatkan hasil pertaniannya.

img 20201028 wa0026

Dengan dibuatnya saluran irigasi ini diharapkan akan meningkatkan hasil pertanian persawahan masyarakat , karena pada musim hujan ini saluran irigasi akan menjangkau luas area persawahan masyarakat . Dengan ketersediaan air yang memadai akan berpengaruh jumlah panen / tanam persawahan masyarakat dalam setahunnya . Yang tadinya dalam setahun masyarakat bertanam padi dua kali , dengan ketersediaan air irigasi bisa bertanam panen tiga kali dalam setahun.
Dengan seringnya masyarakat panen hasil pertanian persawahan mereka sudah pasti akan menambah penghasilannya.

Penulis : Tjs

Next Post

Yang Menakutkan Bukan Melihat Hantu, Tapi Melihat Dompet Kosong, IS Enam Kali Keluar Masuk Penjara

Kam Okt 29 , 2020
Kebumen – Banyumaspos.com Berulang kali berurusan dengan kepolisian, 6 kali […]
img 20201029 wa0004