PEMBANGUNAN PENINGKATAN JALAN MAJAPAHIT, PERUM TAMAN GADING DIDUGA TIDAK SESUAI SPEK

img 20201114 wa0002

CilacapBanyumaspos.com

Peningkatan Pembangunan Jalan Majapahit, Perum Taman Gading, Kecamatan Cilacap Selatan, diduga dikerjakan asal jadi. Pasalnya, belum ada dua bulan selesai dikerjakan, kini terlihat sudah rusak kembali. Diduga pembangunan tersebut tidak sesuai spek.

Pembangunan jalan tersebut dikerjakan oleh CV DWI QUNIA JAYA dengan dana yang bersumber dari APBD Cilacap Tahun 2020 sebesar Rp. 425.381.000,-. Pada Juni lalu hingga Oktober 2020.

Security Perum Taman Gading, Kasiman saat dikonfirmasi terkait rusaknya jalan tersebut mengatakan, dirinya sebagai pengguna jalan sangat kecewa dengan pembangunan jalan tersebut. Kasiman saat itu tengah berada di lokasi.

“Gimana tidak, pembangunan jalan belum ada dua bulan selesai dikerjakan, namun sudah rusak, dan yang kecewa itu bukan hanya saya tapi warga sekitar juga merasa kecewa dengan kondisi jalan saat ini,” ungkapnya.

Kasiman menambahkan, warga sebenarnya sudah memprotes kepada pihak yang mengerjakan dan telah dilakukan perbaikan, namun jalan kembali rusak.

“Ini sudah ketiga kalinya dilakukan penambalan, namun tetap saja rusak,” tegas Kasiman. Jumat (13/11/2020) sore.

Menurutnya, penyebab cepat rusaknya jalan yang baru dibangun pertamanya tidak dikacil, aspalnya tipis, sambil tangannya menunjuk jalan aspal yang rusak.

Kasiman meminta agar proyek pekerjaan jalan diulang lagi dikerjakan dari nol. Harapan ini tidak hanya saya pribadi tapi harapan warga yang di sekitar perumahan karena walau bagaimanapun cara menambalnya dinilai tidak berkualitas.

Sementara, ditempat berbeda salah satu warga yang rumahnya tidak jauh dari lokasi namun namanya enggan disebut mengatakan bahwa ia menduga ada beberapa faktor yang mempengaruhi rusaknya jalan tersebut antara lain, lapisan bawah kurang padat, lapisan LPA dan makadamnya tidak disiram air yang banyak sehingga menjadi tidak padat serta lapisan aspal kurang rapat dan aspalnya terlihat tipis.

“Kita coba bandingkan pekerjaan yang bermutu baik, seperti di lokasi yang berbeda namun tak jauh dari lokasi jalan yang rusak, pada satu tahun yang lalu dibangun pekerjaan yang sama peningkatan jalan oleh penyedia jasa yang lain, namun sampai saat ini tidak ada terlihat adanya tambalan,” terangnya.

img 20201114 wa0003

Saat salah satu rekan Media mengkonfirmasi kepada penyedia jasa selaku yang mengerjakan via telepon, dirinya menjawab bahwa pekerjaan itu masih dalam pemeliharaan, dan itu sudah mulai dilakukan perbaikan.

Lebih lanjut, namun saat media menanyakan penyebab cepat rusaknya jalan tersebut, sangat disayangkan dirinya tidak bisa menjawab. Oleh karena itu, media mengkonfirmasikan perihal tersebut kepada Sekdin PUPR Cilacap, Wahyu melalui seluler dan pihaknya mengatakan akan segera meninjau ke lokasi pekerjaan untuk segera ditindaklanjuti.

Wahyu mempertegas kalau nanti benar mulai rusak kita minta kepada CV yang mengerjakan harus bertanggung jawab dengan memperbaiki kembali, apalagi proyek tersebut masih ada anggaran untuk pemeliharaan.

“Kami akan terus awasi dan peristiwa ini akan menjadi evaluasi bagi kita kedepan selaku instansi terkait,” pungkasnya.

Penulis : GAL

Next Post

PEMDES CIHAUR GELAR MAULID NABI WALAU DIGUYUR HUJAN DAN MATI LAMPU

Ming Nov 15 , 2020
CIANJUR – Banyumaspos.com Walau diguyur hujan dan terkendala mati lampu, […]
img 20201115 080843