Matsama Diharapkan Tetap Berkesan Meskipun Dilaksanakan dengan Keterbatasan

img 20200723 wa0041

Banyumas—(Banyumas Pos)elaksanaan Masa Taaruf Siswa Madrasag (Matsama) MTs Negeri 3 Banyumas dilangsungkan selama tiga hari, 20 hingga 23 Juli 2020 secara daring (dalam jaringan). Kegiatan ini sempat tertunda selama satu minggu dikarenakan menunggu kebijakan gugus covid-19 Kabupaten Banyumas dan adanya sosialisasi pembelajaran di masa pandemi covid-19.

Matsama diikuti oleh seluruh siswa kelas 7 MTs Negeri 3 Banyumas sejumlah 263 siswa baru tahun pelajaran 2020/2021.

“Kita harus mematuhi aturan dan anjuran pemerintah khususnya Kementerian Agama untuk di bidang pendidikan agar mengutamakan kesehatan, keselamatan dan keamanan siswa didik. Untuk itu, sambil menunggu kebijakan dari pemerintah maka seluruh kegiatan pembelajaran dan kegiatan Matsama di MTs Negeri 3 Banyumas dilakukan secara daring”, jelas Kepala Madrasah Akhmad Taukhid.

Materi Matsama meliputi Pengenalan dan kebijakan madrasah, sosialisasi pembalajaran dalam masa darurat dan kondisi normal, kegitan bidang hubungan masyarakat, kegiatan ke tata usahaan, pengenalan lingkungan madrasah, dan kegiatan intra dan ekstrakurikuler yang ada di MTs Negeri 3 Banyumas. Semua materi disampaikan melalui Youtube, grup Whatsapp, dan Google Classroom.

Para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini dibuktikan setiap kegiatan yang dibagikan di grup mendapat umpan balik berupa like dan subscribe di Youtube dan komentar di grup Whatsapp, meskipun terdapat keterbatasan dari sarana dan prasarana komunikasi siswa. Banyak siswa baru yang masih menggunakan telepon genggam bersama dengan orang tuanya, jaringan buruk, dan kekurangan kuota internet. Namun, hal ini telah diatasi dengan adanya komunikasi antara madrasah dan wali murid.

img 20200723 wa0042

Waka kesiswaan dan ketua panitia PPDB
Riyadul Maki Aji mengatakan meskipun Matsama kali ini serba terbatas dan dalam suasana wabah tetapi pihak madrasah berharap kegiatan ini akan tetap berkesan bagi siswa baru, lebih bersemangat dalam belajar, tetap menjaga kesehatan, keamanan, dan keselamatan serta senantiasa membiasakan dengan pola hidup tatanan baru ini.

“Tetap berprestasi dan fokus pada impian serta senantiasa berkarya untuk menjadikan Madrasah Hebat Bermartabat sesuai slogan kementerian Agama, dan sesuai visi madrasah “Berkarakter, Unggul, Humanis dan Terampil” kayanya.

Riyadul Maki Aji menambahkan pada tahun pelajaran 2020/2021 peminat yang ingin sekolah di MTs Negeri 3 Banyumas mengalami kenaikan. Lebih dari 303 calon siswa mendaftar, namun karena keterbatasan ruang dan sarana prasarana akhirnya pihak madrasah hanya menerima 8 rombongan belajar sebanyak 263 siswa

(Lia)

Next Post

Anak Banyumas Menyuarakan Aspirasi di Tengah Pandemi

Kam Jul 23 , 2020
Banyumas—-(Banyumas Pos ) Forum Anak Banyumas bersama perwakilan anggotanya memperingati […]
img 20200723 wa0043