Kwarcab Banyumas Laksanakan Akreditasi Gugus Depan

img 20200616 wa0037

Banyumas – Banyumas Pos

Kwartir Cabang ( Kwarcab ) Banyumas menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Bidang Organisasi dan Hukum se – Kwartir Cabang Banyumas Tahun 2020. Rakor diadakan Selasa (16/6/2020) di Sanggar Pramuka Bhumi Emas, Kwarcab Banyumas, Kabupaten Banyumas.

Ketua Panitia Rakor Bidang Organisasi dan Hukum (Orhum), Kak Efi Miftah, M.Pd, mengatakan tujuan Rakor ini adalah untuk merapikan administrasi Gugus Depan di tingkat Ranting.

Rakor terutama akan membahas Pendataan Akreditasi, Her Registrasi, dan Administrasi Pramuka lainnya. Apabila Akreditasi sudah tersosialisasikan, maka Gudep dan Kwarran akan segera di Akreditasi oleh Kwarcab.

Ketua Kwarcab Banyumas, Drs. Achmad Supartono, M.Si, mengajak peserta rapat untuk bersyukur sudah diberi nikmat sehat dan nikmat sempat, sehingga bisa berkumpul di sanggar dalam keadaan segar dan kuat. Ridho dari Tuhan saja yang kita harapkan.

“Administrasi adalah bagian parsial dari Orhum. Secara yudiritas, administrasi adalah bagian terpenting dari Bidang Organisasi. Kalau administrasi sudah betul, maka segala gerak kegiatan sudah ada dasar hukum dan aturannya, sehingga tidak menyimpang, ” katanya.

Partono menekankan bahwa administrasi amat diperlukan dalam mengelola Kwartir Ranting. Pertama wajib ada Surat Keputusan (SK) bagi Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan atau Mabigus dan SK untuk Ketua Gudep. Dinamika kegiatan di Kwarran secara yuridis, emosional, dan organisasoris wajib diusahakan, dipantau, dan dikelola di oleh Ketua Kwarran beserta pengurus Kwarran.

“Mengenai Standarisasi Tatanan Organisasi, wajib diutamakan dan dibakukan. Jangan ada Lomba Kwartir Ranting sebelum ada kegiatan Sosialisasi. Standarkan dulu administrasi di tingkat Kwarran. Sehingga ketika ada lomba, telah ada persepsi yang sama. Dari segi Her Registrasi Nomor Gudep, wajib segera dirapi kan dan diresmikan. Baik dengan cara merehab nomor Gudep lama atau dengan cara mendata ulang dengan nomor baru. Akreditasi Pramuka Gugus Depan bisa untuk akuntabilitas publik. Gudep yang baik bisa dilihat dari juara lomba kegiatan pramuka, ” katanya.

Maskuri, seorang peserta Rakor dari Kwarran Kemranjen menanyakan Standar Administrasi Pengelolaan Kwartir Ranting yang baku. Semoga ada Bimbingan Teknis dari Bidang Organisasi dan Hukum (Orhum) untuk semua Kwarran di Kwarcab Banyumas.

(Lia)

Next Post

Meski Banyumas Masuk Zona Hujau Masyarakat Diminta Disiplin Jalankan New Normal

Sel Jun 16 , 2020
  Banyumas – Banyumas Pos Bupati Banyumas Achmad Husein, meminta […]
img 20200616 wa0038