KRI YOS 353 TANGKAP 2 KAPAL PENCURI IKAN BERBENDERA VIETNAM

img 20200722 wa0000

Banyumas Pos, Jakarta
Dalam menjaga Kedaulatan dan Ketahanan Negara RI dari ancaman Bangsa Asing dari darat , laut dan udara , jajaran Angkatan Bersenjata TNI dan Kepolisian siap siaga menjaga mengamankan keutuhan Negara Kesatuan RI .
Untuk menjaga mengamankan Kedaulatan dan Ketahanan wilayah Negara Kesatuan RI segenap komponen Bangsa ikut menjaga dan mendukung Kekuatan TNI dan Kepolisian dalam menciptakan kedamaian di Bumi Pertiwi Indonesia.
TNI AL dan Kepolisian Air dalam menciptakan dan mewujudkan Kedaulatan dan Ketahanan di Wilayah Perairan Indonesia berperan aktif melakukan patroli di perairan NKRI dari ancaman , serangan dan gangguan dari Bangsa lain, seperti pencurian ikan , penyelundupan barang _ barang komoditi , seperti obat obatan terlarang ( narkoba ) barang _ barang elektronik bahkan penyelundupan tenaga kerja keluar masuk melalui perairan Indonesia , Karena sangat luasnya wilayah perairan Indonesia yang memungkinkan mereka melakukan tindakan kejahatan.
Dalam menjaga dan menciptakan NKRI yang aman, KRI YOS 353 selalu siaga dan melaksanakan kegiatan patroli di wilayah perairan Indonesia termasuk kepulauan Natuna yang selama ini marak jadi tempat pencurian ikan kapal asing . Pada hari Jumat 17 Juli 2020 kapal ikan berbendera Vietnam melakukan pencurian ikan di Natuna , telah terdeteksi awal oleh KRI YOS 353 dengan kontak radar melalui siluet ke 2 ( dua ) KIA Vietnam tepat pukul 12.11 wib . Untuk memastikan kebenaran adanya kontak radar tersebut, perwira jaga KRI YOS 353 Kapten ( P) M. Ridho mengarahkan kapal KRI YOS 353 menuju kontak yang dicurigai. Setelah dicek kebenarannya KRI YOS 353 melakukan tindakan pengamanan, dalam kejadian tersebut sempat terjadi pengajaran 2 KIA Vietnam dan terjadi penangkapan . Dan dari penangkapan 2 KIA Vietnam ini kemudian dilaporkan kepada komandan KRI YOS 353 Letkol ( P ) Maman Nurachman . Dalam realese nya hasil penangkapan pencurian ikan oleh 2 KIA Vietnam ini Letkol ( P ) Maman Nurachman menyerahkan berkas 10 orang tahanan termasuk barang bukti kepada DanLanal Ranai Kolonel ( P ) Dofir . KIA Vietnam ini terbukti melanggar UU No. 45 tahun 2009 Psl. 26 , 27 dan 38 tentang Perubahan UU Perikanan No. 31 tahun 2004 , dengan denda maksimal 22 miliar dengan hukuman paling lama 8 tahun .
Dalam pemeriksaan terhadap 2 KIA Vietnam ini tetap memakai prosedur Covid 19 .

img 20200722 wa0001
Semua kegiatan yang dilakukan oleh KRI YOS 353 khususnya, dan TNI AL pada umumnya karena TNI AL sebagai GARDA terdepan menjaga Kedaulatan dan Ketahanan perairan wilayah NKRI. Dan komitmen KRI YOS 353 siap mengamankan Perairan wilayah Indonesia di Kepulauan Natuna dari pencurian ikan Kapal asing, demi menjaga Kedaulatan pangan Bangsa Indonesia untuk senantiasa menjaga kemakmuran dan kesejahteraan nelayan Indonesia . Karena luas Indonesia adalah kelautan yang selalu dijaga selama lamanya . Tjs

Next Post

SOSIALISASIKAN OPERASI PATUH LODAYA 2020, TIM UNIT DIKYASA SATLANTAS POLRES CIANJUR KUNJUNGI SMK NURUL ISLAM SUKALUYU

Rab Jul 22 , 2020
CIANJUR – Banyumas Pos Dalam rangka persiapan Operasi Patuh Lodaya […]
img 20200722 114008