KPU Mengadakan Deklarasi Inklusi Di Candisari

Karanganyar—(Banyumas Pos) Dalam rangka pendidikan pemilih disabilitas dan menyongsong pilbup kebumen 2020,Rabu,6/11/2019 KPU Kabupaten Kebumen menyelenggarakan Deklarasi Pemilu Inklusif,di Hotel Candisari Karanganyar.

acara ini dihadiri puluhan Penyandang Disabilitas dari berbagai daerah di Kabupaten Kebumen.
Dan diisi pamateri Diana Arianti SE dari KPU Provinsi Jawa Tengah,Kinanto SIP (Sekretaris Dinas Sosial PPKB) Kabupaten Kebumen,dan sebagai moderator Agus Hasan dari KPUD Kebumen.

Dalam sambutannya,Ketua KPUD Kebumen Yulianto S Kom M Kom menyampaikan, penyandang disabilitas diharapkan dapat ikut berpartisipasi dalam pemilihan umum khususnya pemilihan Bupati 2020 mendatang. Yulianto juga menambahkan bahwa penyandang disabilitas memiliki hak yang sama dengan masyarakat pada umumnya, yang berhak memilih sesuai hati nurani masing-masing, ak berpartisipasi dalam penyelenggaraan pemilu serta berhak dipilih dalam pemilu.Menurut Yulianto pada pemilihan presiden di kabupaten kebumen 2019 kemarin, angka partisipasi pemilih sekitar 72 persen, dan diharapkan pada pemilu yang akan datang angka partisipasi masyarakat khususnya penyandang disabilitas dapat terus meningkat.
Selain mendapat pendidikan,teman-teman Disabilitas juga diperbolehkan tanya jawab dengan narasumber.

yulianto dalam wawancara bersama wartawan mengatakan,bahwa forum tersebut diharapkan menggali segala masukan dari saudara saudara penyandang disabilitas sehingga pada pelaksanaan Pilbup yang akan datang dapat terselenggara lebih baik.Harapannya KPU memperoleh pemasukan secara langsung dari teman-teman Disabiltas,karena mereka lebih paham problematika mereka yang terkait dengan pemilu dan demokrasi. (Lia)

Berita Terkait

Leave a Comment