Koramil 18 Pagentan Mengadakan Baktisosial Kerjasama Dengan RSI Banjarnegara

img 20200301 wa0008

img 20200301 wa0007

img 20200301 wa0009

Koramil 18 Pagentan Mengadakan Baktisosial Kerjasama Dengan RSI Banjarnegara.

Banjarnegara Banyumas pos 29/02/2020. Dengan misi kesahatan Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara bekerja sama dengan Koramil 18 Pagentan menggelar bakti sosial kesehatan. Pemeriksaan mata, akupuntur dan pengobatan umum di Markas Koramil 18 Pagentan. Kegiatan ini sudah dari dulu di lakukan oleh RSI Banjarnegara. Baktisosial ini dilakukan bukan cuman di Banjarnegara tapi keluar Daerah, seperti Purbalungga, Banyumas, Pangandaran dan Tasikmalaya yang di koordinatot oleh dr. Agus Ujianto, Msi.Med,.SpB. di waktu itu. Ketika di konfirmasi menjelasjan kegiatan ini akan kami lakukan terus ke daerah-darah. Tujuanya untuk membantu masyarakat yang sakit dan jauh ke pusat kesehatan jauh buat masyarakat yang kurang mampu. Dengan adanya bakti sosial yang di adakan di beberapa daerah, sehingga RSI Banjarnegara terkenal di daerah lain di antaranya Purbalingga, Pangandara, Tasikmalaya dan Sukabumi.

Danramil 18 Pagentan Kapten Infantri Marheni Suryono mengatakan, kegiatan bakti sosial yang dilakukan tersebut selain sebagai bentuk pengabdian dan kepedulian TNI dan RSI akan kesehatan warga pagentan pada khususnya. sekaligus untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Banjarnegara yang ke 449 tahun.

“Apresiasi dan terima kasih kami terhadap masyarakat Banjarnegara dan Pagentan yang selama ini telah turut bersama menjaga keamanan. Kaitannya dengan kesehatan warga, ini adalah upaya nyata kami mendekatkan pelayanan kesehatan terhadap warga. Semuanya ditangani secara gratis,” katanya.

PEMERIKSAAN: Tim medis RSI Banjarnegara sedang melakukan pemeriksaan di Koramil 18 Pagentan.
Ia menambahkan, kesehatan mata dipandang perlu, karena di wilayah Pagentan tidak ada pelayanan dokter spesialis mata, termasuk di pelayanan kesehatan tingkat kecamatan. Sementara dari data yang ia peroleh dari tingkat desa, banyak warga yang mengeluhkan kesehatan matanya.

“Kami sengaja menghadirkan dokter spesialis mata dari RSI ketika anggota TNI turun di desa desa banyak warga mengeluhkan sulitnya akses kesehatan mata. Dengan adanya hal semacam ini, kami berharap kedepan kepedulian warga menjaga kesehatan mata semakin meningkat,” tambahnya.

Adapun dokter yang turut dalam kegiatan tersebut, dr Andi Surahmat Sp M, dokter spesialis mata yang dimiliki RSI Banjarnegara, dan dr Syarif Hadi, dokter yang memiliki kemampuan pengobatan dengan teknik akupuntur.

Selain keluhan kesehatan mata, berbagai macam penyakit juga dikeluhkan warga. dr Syarif Hadi, dengan teknik akupunturnya melakukan terapi akupuntur atau tusuk jarum. Keluhannya diantaranya nyeri kaki, pinggang, mual, stroke, dan lainnya.

Kasubag Humsar Promkes dan Keamanan RSI Banjarnegara Usiana Tri Rakhmadi mengatakan, pihaknya selalu berusaha seiring sejalan dengan pihak terkait termasuk TNI untuk membantu masyarakat, kaitannya dengan kesehatan.

Dalam kegiatan tersebut sedikitnya ada 200 pasien yang tertangani, baik mata maupun akupuntur. Ia berencana, dengan melihat kondisi masyarakat Pagentan, kedepan masih diperlukan adanya pembentukan posko kesehatan di Koramil Pagentan. Selain posko kesehatan umum, juga bisa ditambah dengan khitan center.

“Kedepan kita bisa kerjasama dengan TNI, yang lebih intensif. membuka pos kesehatan disini, meliputi kesehatan umum juga khitan center,” katanya.

Kerjasama baktisosial ini tidak cuman dg TNI saja tapi dengan relawan-relawan lain yang siap bekerjasam di bidang kesehatan.(Red Umar nur)

Next Post

GUBERNUR DKI BERHASIL MEMBUAT JAKARTA MENJADI DESTINASI WISATA AIR DIGADANG LAYAK MENJADI PRESIDEN 2024

Ming Mar 1 , 2020
GUBERNUR DKI BERHASIL MEMBUAT JAKARTA MENJADI DESTINASI WISATA AIR DIGADANG […]
img 20200301 wa0002