KORAMIL 1314/CIMARAGAS. KODIM 0613/CIAMIS BERSAMA FQRKOMFINCAM KEC. CIDOLOG LAKUKAN PERCEPATAN TANAM JAGUNG.

img 20200629 wa0032

Ciamis Banyumas Pos 29/06/2020.
Bertempat di lahan pangangonan Desa Ciparay Kec. Cidolog, Forkompincam Kec. Cidolog lakukan Gerakan Percepatan Tanam Jagung, dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan sebagai langkah antisipasi dampak covid 19.

Dalam kegiatan tersebut Camat Cidolog, Danramil 1314/Cimaragas , Kapolsek Cimaragas, kepala Desa Ciparay, dan Karang Taruna Desa Ciparay Taruna langsung melakukan pembersihan lahan seluas 1 Ha.. Luas areal lahan Tanah di desa Ciparay kurang lebih 7 ha.

img 20200629 wa0033

Dalam setahun bisa rata-rata 2 kali panen jagung maka ini sangat baik buat menjaga ketahanan pangan apa lagi kita sebentar lagi menghadapi musim kemarau.

Camat Cidolog H. Otong Bustomi, S.Pt, MP mengatakan bahwa luas areal se kecamatan cidolog kurang lebih 1.115 ha. 400 ha diantaranya diairi oleh irigasi teknis, karena cidolog dilalui oleh tiga sungai yaitu sungai cihapitan, ciseel, dan citembong. Secara umum target penanaman jagung di Kecamatan Cidolog kurang lebih 40 Ha.

Namun demikian kalau melihat potensi lahan tidur yang belum dimanfaatkan, luas lahan potensial untuk ditanami jagung masih luas.

Kami sangat mengapreasiasi Karang Taruna Desa Ciparay yang telah melakukan kerjasama dengan Desa untuk memanfaatkan lahan desa guna ditanami tanaman jagung.

Perlu diketahui bahwa kebutuhan jagung untuk pakan ternak ayam petelur di Kecamatan Cidolog mencapai kurang lebih 15 ton per bulan atau 180 ton per tahun. Bila produksi jagung rata2 per hektar 4 ton, maka untuk memenuhi kebutuhan jagung sebanyak 180 ton, diperlukan lahan seluas 45 Ha.” Tuturnya

Danramil Cidolog Kapten Inf.
Jamino mengatakan bahwa agar ketahanan pangan diwilayahnya mantap, berbagai upaya terus dilakukan bersama Forkompincam seperti mengoptimalkan pemanfaatan lahan tidur serta terus memberikan penyuluhan, kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian sumber daya air karena kunci utama keberhasilan usaha pertanian secara umum adalah ketersediaan air sepanjang waktu.” Ucapnya

img 20200629 wa0034

Sementara itu kapolsek cimaragas AKP Ono Suprianto, S.Ag, SH, MH, mengatakan bahwa pihaknya beserta seluruh Babinmas terus memantau kegiatan masyarakat terutama dalam bidang pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan, memberikan rasa aman bagi para pelaku usaha agar dapat beraktivitas dengan lancar.” Tuturnya

Menurut Otong, upaya pemantapan ketahanan pangan merupakan tanggung jawab bersama atara penerintah, masyarakat, dan para pelaku usaha.

Kedepan kita merubah petani yang tradisianal menjadi petani yang moderen, karena kita inginkan masyarakat subur makmur, sejahtera dalam perkonomian,” ungkapnya. ( red Nur s)

Next Post

DANDIM 0608/CJR :KB Kesehatan Bisa Memotivasi Masyarakat Mewujudkan Keluarga Sehat, Berkualitas, Tangguh, Bahagia dan Sejahtera.

Sen Jun 29 , 2020
CIANJUR – Banyumas Pos Dandim 0608/Cianjur Letkol Inf Rendra Dwi […]
img 20200629 wa0025