Koramil 11/Punggelan Forkompincam BPBD Pemdes Melaya Dan Desatana Menanam Pohon Akar Wangi

 

Banjarnegara- Banyumaspos.com14/10/2020

Dalam rangkangka menanggulangi alam bencana tanah kongsor, maka jajaran Kodim 0704/Banjarnegara mengintruksikan kepada Koramil 11/Punggelan untuk melaksanakan penaman peti pera rumput akar wangi.

Danramil 11/Punggelan Kapten Inf. Katut. S menuturkan dalam rangka menanggulangi bencana alam tanah longsor Kodim 0704/Banjarnegara menugaskan kami untuk penanaman patipera rumput akar wangi konon ceritanya rumput akar wangi ini sangat baik untuk di tanam di daerah tebing-tebing yang rawan longsor.

Kita ingat dan sadar bahwa di kecamatan Punggelan ini termasuk zona merah rawan longsor, dan kenapa kami pilih di Desa Melaya karena di Melaya itu wilayahnya hampir semua rawan longsor, dana penanaman akar wangi sengaja kami tanam di Sikrikil yang beberapa bulan yang lalu longsir hingga menutup jalan lalu lintas terdekat yang menghubungkan Kecamatan Punggelan dan Kecamatan Pandanarum.

Dan kegitan ini akan kami lakukan terus, bekerja sama dengan pihak-pihak terkait, dan megajak kepada semua masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan hidup agar terhindar dari bencana alam, ingat ruksaknya dararan dan lauta itu ulah tangan manusia,” tuturnya.

img 20201014 wa0051

Harapan dari Kapolsek yang di wakili oleh AIPTU. S. Mujianto. S.H karena Kopolsek lagi dinas luar, berharap setelah di lakukan penanaman rumput akar wangi, warga masyarakay bisa merawat dan memperbanyak pohon tersebut.

Jika itu di laka Insyallah upaya penangulangan bencana tanah longsor akan berkurang bahkan bisa tidak terjadi tanah longsor lagi, maka kami mengajak kepada semua elemen masyarakat mari kita hijaukan, dan jaga lingkungan hidup ini agar supaya kita semua terhindar dari musibah bencana alam,” ungkapnya.

Ketua Destana dari BPBD Banjarnegara Jarwadi Berpesan kepada masyarakat Desa Melaya, kami mengingat dan menimbang sudah tiba musim hujan maka harus lebih meningkatkan kewaspadaan jika turun hujan lebat ini semua untuk keselamatan kita bersama.

Dan kami dari Destana BPBD Banjarnernegara selalu siap siaga 24 jam jika terjadi bencana dan kami siap membantu masyarakat pelatihan dalam menanganni bencana alam itu, semua kami lakukan agar supaya masyarat jika terjadi bencana tidak panik dan apa yang harus di lakukan jika terjadi bencana.

img 20201014 wa0053

Kita sadar bahwa daerah Bajarnegara 70% itu rawan longsor kalau di Kecamatan itu Desa. Melaya, Telaga, Petuguran, Purawasana dan Jembangan,” pungkasnya.

Kepala Desa Melaya Wiwi Susanti mengucapkan banyak-banyak terimakasi kepada Kodim 0704/Banjarnegara yang sudah memerintahkan kepada Koramil 11/Punggelan untuk melaksanakan penanaman rumput akar wangi di Desa kami, dan juga trimakasih kepada jajaran Forkomoincam Kecamatan Punggelan, BPBD, juga Destana yang sudah turut serta melasanakan penanaman tersebut.

Harapan kami setelah penanaman rumput akar wangi tadi bisa hidup dengan subur, dan setelah banyak runput tersebut bisa di kembangkan lagi di tanam di wilayah yang lain, ini semua dengan harapan agar supaya bisa menanggulangi tanah longsor, seperti yang sudah di sampaikan oleh Danramil tadi bahwa rumput akar wangi itu bisa mengikat tanah dengan kuat hingga tanah di tebing-tebing tidak longsor.

Dan kami menghimbau kepada semua warga masyarakat di harap selalu waspada dan hati-hati, jika ada kejadian musibah harap segera melapor agar tidak sampai terkadi adanya korban jiwa. Ucapnya. (red. Nur s).

Next Post

Sempat Jadi Misteri, Penjaring Ikan Ditemukan Meninggal di Bibir Pantai Sawangan Kebumen

Rab Okt 14 , 2020
Kebumen – (Banyumas Pos) Misteri hilangnya Muh Samsuri (70) warga […]
img 20201014 wa0057