Koramil 10/Bawang Bersama Relawan Menyumbangkan Tanaman Obat/Herbal Ke RSI Banjarnegara

img 20200927 wa0012

Banjarnegara Banyumas Pos 26/09/2020, Di masa pandemi itu banyak orang ketakutan atas virus corona, maka agar supaya tidak mudah kena oleh virus tersebut tiada lain adalah dari diri sendiri, dengan cara menjaga kesehatan.

Ingat penyakit itu timbul dari dua unsur yaitu, keracunan dan tidak seimbangnya orga tubuh, setiap hati kita tidak terasa selalu makan-makanan yang mengandung racun, seperti meroko, makan- makanan yang disemprot disinsfetan dan lain-lain.

Orang kadang lebih sayang kepada motor atau mobil yang anda miliki, motor, mobil sebulan sekali di ganti oli, juga di service, tapi tubuhnya sendiri jarang minum jamu/obat untuk membuang racun yang ada pada diri sendiri, motor, mobil di service tapi diri sebdiri tidak pernah olahraga, pijat reflexi atau akufuntur, maka orang jaman sekarang masih muda sudah banyak yang terkena penyakit, strok, asammurat, rematik, tumor, kangker dan lain-lain itu sebagai contoh kecil.

img 20200927 wa0014

Koramil 10/Bawang bersama relawan dari Bumi Sehat, Solferon, SKB dan Difabel bersama-sama menanam tanaman obat herbal di lahan yang di sediakan oleh RSI Banjarnegara.

Diretur RSI Banjarnegara dr. Agus Ujianto, Msi,Med., SpB menjelaskan bahwa obat herbal itu sangat perlu buat kesehatan karena tidak ada efeksampingnya, lain dengan obat kimia bila di komsumsi harus dengan resep dokter.

 

Nah disinilah perlunya warga masyarakat harus memiliki apotek hidup, ingat di sekitar kita itu banyak sekali tumbuh-tumbuhan yang bisa di jadikan obat, semisal daun saga, daun sembung, binahong, jahe, kunyit, kencur dan lain-lain.

Maka kami meyediakan lahan buat di tanami tumbuhan yang bisa di pakai obat, maka kepada siapa saja yang mau menyumbangkan bibit obat silahkan untuk di tanam di tempat yang kami sediakan.

Dengan harapan kedepan bisa di jadikan pelajaran/pengetahuan kepada anak-anak sejak dini, tumbuh-timuhan obat bisa di kenalkan pada anak-anak yang ikut sama orang tuanya ke Rumah Sakit, dari pada anak-anak ikut kedalam ruangan, lebih baik di ajak ke taman herbal dan sekalian di kenakan dengan nama tanamab obat dan manfaatnya,” tuturnya.

Koramil 10/Bawang yang di wakili oleh Pelda Suryanto aresiasi kepada Durektur RSI Banjarnegara dr. Agus Ujianto yang telah memberikan lahan buat tanaman herbal, memang jarang- jarang ada Rumah Sakit yang meberikan lahan buat di tanami herbal bahakan yang menanami dari relawan= relawan yang peduli dengan kesehatan.

Ini menarik sekali ada Rumah Sakit bisa bersinergi dengan warga masyarakat bahkan meberi pelajaran kepada warga masyatakat tentang pentingnya obat herbal yang ada di sekitar kita.

Memang tidak di pungkiri bahwa masyarakat sekarang sudah jarang yang tahu bawa di sekitar kita itu banyak tumbuhan yang bisa di jadikan obat, maka dengan adanya taman herbal di RSI Banharnegara kami dari Koramil sangat-sangat mendukung bahkan kami siap untuk mendampinginya.

Juga kamu ucapkan kepada kiminitas relawan Bumi Sehat, Solferon, SKB dan Difabel yang sudah rela melyangkan waktunya, bahkan tenaga, pikiran dan hartanya buat taman herbal yang ada di RSI Banjarnegara, maka kami berharap kepada pihak- pihak terkait sedikit ada perhatian kepada semua komonitas relawan khususnya yang ada di Banjarnegara,” ucapnya.

img 20200927 wa0013

Dari Relawan Bumi Sehat yang di wakili Gus Annas sekalian mewakili relawan lainya juga mengucapkan hal yang sama aresiasi kepada RSI Banjarnegara yang sudah memberi lahan untuk di jadikan taman herbal, yang bisa di jadikan edokasi buat anak-anak yang berkunjung.

Kita ingat bahwa tanaman obat/herbal oleh orang-orang sekarang sudah hampir tidak di kenal lagi, maka di mulai dari taman obat/herbal yang di buat oleh RSI, TNI AD, dan relawan bisa menjadi contoh Rumah Sakit yang lainya untuk menyediakan lahan tanaman obat/herbal,” tuturnya.( red Nur s)

Next Post

KADES CISALAK LEPAS 600 WARGANYA LOMBA JALAN SEHAT

Ming Sep 27 , 2020
CIANJUR – Banyumas Pos Dengan menerapkan protokol kesehatan,sekitar 600 warga […]
img 20200927 074755