KEMBANGKAN MESIN PEMBUAT ES TENAGA SURYA

20200311 022717
Bambang Widjanarko Direktur Operasional PT Suryanergi Cipta Maju (SCM)

KEMBANGKAN MESIN PEMBUAT ES TENAGA SURYA

Semarang (Banyumas Pos) – ATW Solar & AIREF lakukan uji coba terakhir mesin pembuat es bertenaga surya di PT. Selaras Mandiri Teknik yang merupakan produsen mesin pendingin & pembuat es merk AIREF di Kecamatan Beji, Pasuruan, Jawa Timur, Jum’at (6/3/2020).

Eduardus Pandik, Manajer Teknik PT. ATW Solar mengatakan, selama ini masyarakat nelayan di daerah pelosok membuat es menggunakan mesin bertenaga diesel yang membutuhkan bahan bakar minyak. Hal ini disebabkan listrik belum bisa menjangkau daerah daerah terpencil di Indonesia. Bahkan selama ini para nelayan juga kesulitan mendapatkan es.

“Tantangan inilah yang memotivasi PT. Selaras Mandiri Teknik dan PT. ATW Solar (distributor panel surya merk REC Norwegia untuk Indonesia), dikoordinasi oleh GIZ (organisasi non profit kerjasama Indonesia Jerman), untuk mengembangkan mesin pembuat es bertenaga surya,”katanya.

Sementara itu, Bambang Widjanarko Direktur Operasional PT Suryanergi Cipta Maju (SCM) yang merupakan perpanjangan PT ATW Solar mengatakan, mesin ini dapat memproduksi hingga 250 ton es dalam satu tahun. Artinya mesin ini dapat mendinginkan 500 ton ikan. Ini dapat menciptakan pendapatan hingga 70.000 dolar AS (sekitar 950 juta rupiah), juga dapat meningkatkan daya jual dan kesejahteraan para nelayan di pelosok.

Dia menambahkan, Mesin pembuat es bertenaga surya yang sudah memenuhi standar nasional Indonesia ini sedang diupayakan oleh GIZ Jerman untuk memenuhi standar industri jerman, sebelum dipamerkan di Hannover Messe yang seyogyanya akan dihelat pada bulan April 2020.

“Namun karena meluasnya wabah virus Corona, terpaksa diundur hingga bulan Juli dan direncanakan akan dibuka oleh Kanselir Jerman Angela Merkel & Presiden RI, Joko Widodo. Tahun ini Indonesia akan menjadi country partner Hannover Messe Jerman.”pungkas Bambang Widjanarko. (Red-FD)

Next Post

Banser Husada Banjarnegara Turut Berduka Atas Meninggalnya Kasatkornas Ir. H Alfa Isnaeni

Rab Mar 11 , 2020
Banser Husada Banjarnegara Turut Berduka Atas Meninggalnya Kasatkornas Ir. H […]
20200311 150813