KADES GIRIMULYA CIBEBER BIDIK SEKTOR WISATA UNTUK TAMBAH PAD

img 20200624 214837

CIANJUR – Banyumas Pos

Desa Girimulya yang terletak di sebelah timur kota kecamatan Cibeber,sebuah desa dengan mayoritas penduduknya adalah petani,mempunyai luas wilayah 828 M2 dan berpenduduk 1.710 KK atau sekitar 5.000 jiwa.kini sedang berbenah dan giat membangun.

Adalah Dadin, seorang kades yang kini menjabat sebagai kepala desa Girimulya untuk yang kedua kalinya, dikenal luas oleh masyarakat desa Girimulya sebagai sosok pemimpin yang sederhana,tegas dan peduli kepada warga yang dipimpinnya.

img 20200624 214754

Nama Dadin atau yang akrab dipanggil kang Dadin dulunya dikenal sebagai preman jalanan yang telah malang melintang di dunia hitam,dan cukup dikenal di tatar Cianjur, kini telah menjadi panutan warganya karena keberhasilan dirinya memimpin desa Girimulya dari desa yang tertinggal menjadi desa yang telah sejajar dengan desa lainnya di kecamatan Cibeber.

Setelah sukses memimpin di periode pertamanya menjabat sebagai kades Girimulya 2013 – 2019, kini kang Dadin baru saja memulai debut pengabdiannya untuk periode keduanya yaitu masa jabatan 2019 -2025.

img 20200624 214724

Berbekal pengalamanya selama di periode pertama, kades yang dulu dikenal sebagai Jawara, berinovasi untuk memajukan desanya dengan membidik sektor pariwisata untuk bahan income untuk PAD desa Girimulya yang di nahkodainya.

‘Tujuan kami untuk membuka lokasi wisata budaya pencak silat ini, untuk bisa menambah PAD desa kami dan geliat ekonomi masyarakat di kampung Salem khususnya bisa terjadi,” ungkap Dadin.

img 20200624 214653

Kang Dadin telah mencanangkan untuk membuka lokasi wisata panorama alam dipadukan dengan kearifan budaya lokal warisan para leluhur yaitu seni beladiri Pencak Silat.

Bukan tidak beralasan,sosok kades yang dekat dengan warganya itu adalah seorang guru beladiri Pencak Silat dan sekaligus pembina di padepokan Pencak Silat “Paku Padjadjaran”, selain beladiri Pencak Silat ternyata kang Dadin juga memiliki darah seni lainya yaitu pencipta sekaligus aransemen lagu juga pemain musik yang handal.

Lokasi wisata yang direncanakan di buka terletak di puncak gunung Salem dengan ketinggian sekitar 800 meter dari permukaan laut, dengan luas tanah 2 hektar berstatus HGU (Hak Guna Usaha/garap),selain untuk wisata budaya Pencak Silat,lokasi wisata juga memiliki panorama yang sangat indah dengan udara yang sejuk, sangat cocok untuk spot selfy bagi kaum milenial dan tempat untuk berfoto bersama kerabat ataupun keluarga.

img 20200624 215159

Jalan menuju lokasi yang begitu terjal dengan lebar bahu jalan hanya sekitar 120 cm, cukup kita harus ekstra hati hati, khususnya kondisi kendaraan yang kita kendarai haruslah betul betul fit dan bertenaga, namun jangan khawatir ada rencana pelebaran jalan menjadi 4 meter sehingga akan lebih leluasa ketika ada wisatawan yang naik dan turun saling berpapasan.

” Kami sudah merencanakan untuk minta bantuan Bupati Cianjur dan PUPR untuk pelebaran jalan akses menuju lokasi wisata” kata Dadin.

“Ada tiga lokasi wisata yang diwacanakan dibuka untuk masyarakat salah satunya gunung Masigit dan sebuah Curug yang akan segera di realisasikan” tambahnya.

Kang Dadin berharap,pihak pemerintah Kabupaten Cianjur dalam hal ini Bupati dan khususnya Dinas terkait Seperti Dinas Pariwisata dan PUPR maupun Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk segera merespon dan membantu pihak desa Girimulya untuk segera terealisasikan wacana yang dia canangkan.(Taufik winata)

Next Post

PERTEMUAN RUTIN KEPSEK PULOGEBANG PADA MASA PANDEMI COVID 19

Kam Jun 25 , 2020
Banyumas Pos , Jakarta Sejak merebak nya wabah Virus Corona […]
img 20200625 wa0008