INGIN BANGUN PLTU, GUBERNUR SUMSEL BERKUNJUNG KE PLTU CILACAP

img 20200203 wa0002

INGIN BANGUN PLTU, GUBERNUR SUMSEL BERKUNJUNG KE PLTU CILACAP

Cilacap – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru optimis, Sumsel segera punya Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

“Keinginan itu tak lama lagi bakal terwujud. Sebagai provinsi penghasil tambang batubara terbesar di Indonesia, akan mempermudah langkah Sumsel menjadikan daerah tersebut sebagai Lumbung Energi Listrik,” kata Herman Deru (HD), saat berkunjung ke PLTU Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (30/1/2020) kemarin.

Kunjungan HD bertepatan dengan upacara bulan K-3, ditambah acara pemberian hadiah bagi security terbaik dan pemusnahan rokok hasil razia.

Menurut salah satu staf PLTU Cilacap Dah Shaadin Kahar, Sumatera Selatan mau menambah pembangkit listrik dan PT Sumber Segara Primadaya (S2P) menjadi salah satu pembangkit yang menjadi acuan.

Katanya, di sana masih ada beberapa desa yang belum cukup dialiri listrik.

Dengan seringnya perusahaan dan pemerintah daerah yang studi banding di PT S2P, secara tidak langsung karyawan yang pernah bekerja dan berpengalaman di PLTU Cilacap lebih diakui kemampuannya.

HD juga mengaku optimis Sumsel bisa segera memiliki PLTU, yang rencananya dibangun di daerah Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

“Setelah melihat dan menyaksikan Iangsung apa dan bagaimana yang dilakukan PLTU Cilacap, di sini tidak ada batubara tapi bisa membangun PLTU. Maka saya yakin kita bisa dan mampu membangun PLTU untuk pasokan listrik bagi rakyat, Iangsung dari mulut tambang,” ujar HD.

Kunjungan ke PLTU Cilacap ini, menurut HD, benar-benar menambah pengalaman. Dan banyak hal yang bisa dipelajari dan diterapkan di Sumsel.

“Tidak ada masalah dengan lingkungan dan penghijauan. Ramah dengan tetangga (masyarakat) di lingkungan sekitar. lni benar-benar hal penting, utamanya saat melaksanakan pembangunan PLTU. Bagaimana manajemen mengelola listrik dan Sumber Daya Manusia (SDM),” imbuhnya.

Yang paling penting, kata HD, untuk Iokasi di kawasan tambang bagaimana pihak pengelola dapat melakukan reklamasi di sekitar tambang.

“Ini perlu kita pikirkan. Juga bagaimana manfaatnya bagi masyarakat sekitar,” tutupnya.

Ikut hadir mendampingi HD dalam kegiatan tersebut, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Akhmad Najib. (Gal)

Next Post

KAPOLRES CIANJUR PIMPIN PENGAMANAN AKSI UNJUK RASA Cianjur People Movment (CEPOT)

Sen Feb 3 , 2020
KAPOLRES CIANJUR PIMPIN PENGAMANAN AKSI UNJUK RASA Cianjur People Movment […]
img 20200203 wa0007 1024x576