HUTAN KETONGGO

img 20201016 wa0050
NGAWIBanyumaspos.com

Hutan Ketonggo yang terletak di Desa Babadan,Kecamatan Paron,Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Ketonggo adalah area hutan yang memiliki luas 4.846 meter persegi,terletak 12 km arah selatan dari Kota Ngawi.

Hutan Ketonggo mempunyai arti tersendiri, Alas berarti hutan,Keto berasal dari kata katon ( terlihat ) dan onggo adalah makhluk halus atau kehidupan yang halus,atau kelihatan.

Alas Ketonggo menurut masyarakat ada hubungan yang sangat erat dengan Alas Purwo yang terletak di Banyuwangi Jawa Timur.Warga sekitar meyakini Alas Ketonggo sebagai pusat Keraton lelembut.(mahluk halus)

Di Alas Ketonggo mempunyai 52 tempag pertapaan, yang paling sering di kunjungi ada 10 tempat untuk ritual,antara lain,Umbul Jambe,Batok bolu,Watu legok,Siti Hinggil,Kali Tempur sedalem,Kori Gapit,serta Palenggahan Sukarno.Menurut kepercayaan mas
yarakat Alas yang angker di wilayah Jawa.Pada nalam tertentu seperti malam Jum’at Legi, Jumat kliwon,Selasa kliwon,sering terdengar suara tetapi tanpa wujud dan kilatan cahaya abeh berwarna warni,yang berasal dari atas pohon,ujar juru kunci mbah Nolik. Di hutan ketonggo ada palenggahan Srigati,adalah obyek wisata spiritual,yang menurut penduduk setempat adalah pusat keraton lelembut, Pada hari-hari tertentu di bulan Suro,pesanggrahan Srigati banyak di kunjungi peziarah untuk melakukan ritual.Tanggal 14-15 Suro dilakukan acara tahunan ganti langse.

Memasuki Alas Ketonggo, para peziarah dapat melihat jelas Pakenggahan Agung Srigati,berupa bangunan rumah kecil berukuran 4×3 meter.Di dalamnya terdapat gundukan tanah,yang dari kehari di kabarkan seperti hidup, gundukan tanah tersebut semakin tinggi dan semakin melebar, Tetapi tidak ada yang bisa melihat gundukan tanah di dalamnya tidak ada apapun. Palenggahan ini bayak dikunjungi para peziarah dan banyak pula pejabat melakukan ritual di Palenggahan Agung Srigati.(str)

Next Post

MOBIL BOKS SERUDUK DUMP TRUCK DAN SEBUAH KANTOR

Sab Okt 17 , 2020
BANJARNEGARA – Banyumaspos.com Kecelakaan mengerikan terjadi di Jl. Bambang Sugeng […]
img 20201017 wa0015