HUT Polantas ke 65, Kapolres Potong Tumpeng sebagai Ungkapan Rasa Syukur

img 20200922 wa0055

Kebumen – (Banyumas Pos) Perayaan puncak HUT Polantas Bhayangkara ke 65, Kapolres Kebumen gelar potong tumpeng nasi kuning sebagai ungkapan rasa syukur, Selasa (22/9).

Potongan tumpeng diberikan polisi senior Sat Lantas Polres Kebumen Aiptu Slamet selaku Baur STNK dan polisi termuda Bripda Dede anggota Unit Turjawali Sat Lantas Polres Kebumen.

Meski sederhana, acara tasyakuran berlangsung meriah di Gedung Tribrata Polres Kebumen.

“Semoga Polantas selalu dicintai masyarakat. Semoga dengan bertambahnya usia, semakin profesional dalam mengemban tugas,” ungkap AKBP Rudy.

Kepada para personel Sat Lantas, AKBP Rudy berpesan agar lebih semangat dalam menjalankan tugasnya mengabdikan diri kepada masyarakat.

Menelisik sejarah Korp Lalulintas Kepolisian Polri, sudah eksis sejak zaman penjajahan Belanda. Pada zaman itu, Pemerintah Hindia Belanda menganggap perlu sebuah wadah untuk mengimbangi perkembangan lalu lintas yang semakin meningkat.

Sehingga pada tanggal 15 Mei 1915 lahirlah organ lalu lintas yang disebut Voer Wesen, dan diperbaharui menjadi Verkeespolitie, yang artinya Polisi Lalu Lintas dalam bahasa asli Belanda.

Memasuki zaman penjajahan Jepang, peran Korlantas sedikit mengalami gradasi. Berbagai tugas keamanan dan pengamanan yang diambil oleh militer Jepang membuat Korlantas dilakukan oleh Kempetai (sebutan untuk Polisi Militer Jepang).

Walaupun naik turun melalui zaman Penjajahan Jepang dan masa Kemerdekaan, eksistensi Korlantas dipertegas pada tanggal 22 September 1955. Kepala Jawatan Kepolisian Negara mengeluarkan Order No 20 / XVI / 1955 tanggal 22 September 1955, tentang Pembentukan Seksi Lalu Lintas Jalan, di bawah Kepala Kepolisian Negara. Tanggal 22 September inilah yang menjadi acuan dari ulang tahun Korlantas yang dirayakan hari ini.(lia)

Next Post

Sumringah, Kedapatan Masker dapat Hadiah Sayur dari Kapolres

Rab Sep 23 , 2020
Kebumen – (Banyumas Pos) Sumringah nampak di wajah para pengguna […]
img 20200922 wa0056