Genjot Pelatihan Masyarakat Tejasari Siap Pulihkan Ekonomi

img 20201120 wa0021

PURBALINGGABanyumaspos.com

Menyambut kebijakan Pemerintah Pusat tentang Dana Desa untuk pemulihan Ekonomi Nasional. Suyatno Kepala Desa Tejasari, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga, tanpa ragu memberi kesempatan kepada warganya untuk mengikuti pelatihan Tata Boga bagi pelaku UMKM Kuliner dan Budi Daya Belut bagi para pemuda di desanya.

“Kedua pelatihan itu bertujuan untuk meningkatkan ekonomi warga, yang saat ini sedang dilanda krisis akibat Pandemi COVID-19” ungkap Suyatno

Dia berharap bahwa pelatihan ini mampu menjadi bekal bagi masyarakat untuk lebih mandiri, tidak mengandalkan bantuan dari pemerintah, baik BLT DD, JPS maupun BST. Dan para peserta harus bisa mengaplikasikan materi pelatihan pada usaha riil, jelas Suyatno saat memberikan sambutan pembukaan pelatihan.

img 20201120 wa0018

Pelatihan Tata Boga yang berlangsung diikuti oleh 24 peserta, mayoritas dari para pelaku UMKM di desanya, dimana ke depan bisa bersinergi dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang saat ini sedang fokus pada sektor wisata desa, yang mana tahapan pembangunannya sudah dimulai sejak satu bulan lalu.

“Insyaallah pada tahun 2021 untuk sektor wisata di desa kami, akan dianggarkan melalui Dana Desa, semuanya telah melalui proses musyawarah desa” Terang Suyatno

Kehadiran Wisata ini erat hubungannya dengan kegiatan ekonomi kreatif yang diinisiasi masyarakat, sehingga pada saatnya wisata ini beroperasi masyarakat sudah siap dengan segala kreasi produk yang bisa dipasarkan di kompleks wisata.
“Semua merupakan potensi lokal desa yang kami miliki.” Terangnya lagi

 

Adapun Pelatihan Budi Daya Belut bagi pemuda, disamping memberikan lapangan kerja, juga untuk memberikan ruang produksi dan kreasi, sehinga pemuda desa mampu berkarya untuk desanya, dan terhindar dari masalah sosial yang kini marak terjadi.

“Untuk Pelatihan Budidaya Belut bagi Pemuda melalui Karang Taruna insyaallah akan dilksanakan pada (Senin, 23/11/2020), responnya sangat positif sudah ada puluhan pemuda yang sudah mendaftrkan diri.” Jelas Suyatno

“Saya mengapresiasi langkah konkret yang ditempuh oleh Pemerintah Desa Tejasari ini, pasalnya memang yang dibutuhkan masyarakat saat ini adalah peluang usaha dan lapangan kerja, serta pelatihan yang diselenggarakan ini solutif bagi problem yang dihadapi masyarakat” tandas Setiyo Haryono selaku Pendamping Desa Kecamatan sekaligus Koordinator PD Kabupaten Purbalingga.

“Apalagi Pelatihan ini ke depan diproyeksikan pada sinergitas BUMDes-UMKM sebagai solusi pemulihan ekonomi nasional” tambahnya.

img 20201120 wa0019

Sulastri, salah satu peserta pelatihan sangat merasa berterima kasih kepada Kepala Desa Tejasari yang telah melibatkan dirinya sebagai pelaku UMKM dalam pelatihan ini, karena selama ini para pelaku UMKM hanya mengandalkan bantuan pemerintah, jelasnya saat dihubungi di sela-sela pelatihan berlangsung.

Sebagaimana yang dipaparkan oleh Suyatno pada sambutannya, bahwa saat ini Desa Tejasari sedang memprioritaskan penguatan BUMDes, sebagai saka guru ekonomi desa. Sehingga bila suatu saat Dana Desa sudah tidak ada, setidaknya desa sudah memiliki investasi ekonomi, yang bisa dijadikan sumber pendapatan. Pasca pelatihan ini, Pendamping Desa dan Kades berencana melakukan tindak lanjut, agar para peserta pelatihan bisa lebih produktif, tidak jalan di tempat seperti yang sudah sering terjadi.

Penulis : Suyitno

Next Post

Jaga Imunitas, Persit KCK Koorcab Rem 071 PD IV/Diponegoro Bermain Wood Ball

Jum Nov 20 , 2020
Banyumas – Banyumaspos.com Guna untuk menjaga imunitas kebugaran tubuh di […]
img 20201120 wa0027