Festival Selamatan Gunung Indrakila di Pujotirto

img 20200111 wa0006

Banyumaspos

Festival Selamatan Gunung Indrakila di Pujotirto

Karangsambung (Banyumas Pos)

Ritual dalam arti Luas serangkain yang dilaksanakan terutama untuk tujuan simbolis,kegiatan-kegiatan dalam ritual biasanya sudah diatur dan ditentukan dan tidak dapat dilaksanakan secara sembarangan seperti yang dilakukan di desa Pujotirto kecamatan Karangsambung, Jumat 11/01/2020.

Legenda Gunung Indrakiladi Pujotirto mengandung misteri dan fungsi.Dan misteri Indrakila cukup dikenal antara lain Dipercaya oleh sebagian orang sebagai tempat berkumpulnya para dewa dan tokoh untuk mengadakan rapat yang berhubungan dengan kejadian-kejadian alam dan keadaan keperintahan dan negara.Fungsi Gunung Indrakila antara lain sebagai sumber mata air dan sumber air bersih yang merupakan kebutuhan masyarakat sekitarnya.

Acara Ritual Menggunung ini juga dihadiri camat Karangsambung, Danramil Karangsambung, Kapolsek Pujotirto, Dispora selain ritual juga ada penyerahan bibit Ayoman sejumlah 1000 oleh MAN 1 Kebumen dan IAINU Kebumen.

Kepala desa Pujotirto,Giriyanto menjelaskan kepada wartawati Banyumas Pos,ini kebetulan adalah kegiatan rutinan setiap tahunnya untuk desa Pujotirto, khususnya yang ada di wilayah lereng gunung Indrakila mengadakan selamatan.

Selamatan penggunungan itu dilakukan oleh warga masyarakat dengan satu harapan dan tujuan adalah mohon kepada yang kuasa Allah, tapi kegiatan itu dilakukan setelah para petani itu mengerjakan lahan pertaniannya. Kalau dulu sebagai Barometer nya atau patokannya adalah setelah menanam padi Karena sekarang untuk khususnya di wilayah timur itu tidak ada lahan sawah maka untuk ukurannya bukan itu sekarang,tapi ukuran adalah setelah pesan pohon jenitri setelah berbunga itu kan di terus itu dengan satu harapan yang sama seperti halnya memohon pada yang kuasa supaya apa yang dilakukan oleh petani petani Tirto posisi yang ada di lereng-lereng gunung Indrakila ini mendapatkan berkah rahmat dan hidayah, karena ini Tirto di wilayah kawasan geopark Karangsambung Kami ingin mengangkat potensi yang ada di pusat Tirto khususnya adalah di bidang kesehatan, nah kebetulan gunung Indrakila ini mempunyai potensi yaitu wisata ritual dan juga wisata alam nya.

mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini yang oleh seluruh warga masyarakat kelembagaan pemerintahan desa bahkan instansi-instansi dari yang lain seperti dari MAN 1 kebumen terus dari geopark dari kecamatan dari KKN juga ini ada. Insya Allah sebagai gerakan pertama nanti untuk menuju yang lebih maju yang lebih sejahtera dan nanti pada gilirannya adalah harapkan menjadi desa yang andalannya adalah wisata,Ungkap Giriyanto. (Lia)

Admin Online

Next Post

Mutiarahandycraft Menciptakan Berbagai Karya dan Inovasi Untuk Disabilitas

Sab Jan 11 , 2020
Mutiarahandycraft Menciptakan Berbagai Karya dan Inovasi Untuk Disabilitas Kebumen (Banyumas […]
img 20200111 wa0010