Fenomena Grup WhatsApp jual beli

img 20200827 085529

Ditengah masa pandemi Covid -19 seperti sekarang ini, membuat kehidupan manusia di seluruh dunia mengalami perubahan yang besar, oleh karena keterbatasan yang disebabkan oleh pandemi itu sendiri.
Yang mau tidak mau memaksa setiap individu untuk melakukan kebiasaan – kebiasaan baru yang bahkan sebelumnya tidak pernah dilakukan, seperti memakai masker, jaga jarak sosial (social distancing), jaga jarak fisik (physical distancing) yang semua itu sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau Covid -19 .
Oleh karena begitu besarnya pengaruh pandemi Covid -19 ini sehingga sangat memiliki andil terhadap keterpurukan hampir semua bidang kehidupan dan pemenuhan kebutuhan dasar manusia.
Sebagai upaya untuk beradaptasi dan bertahan di tengah kehidupan yang serba sulit seperti sekarang ini, setiap individu dituntut untuk terus berusaha dan mengembangkan kreatifitas.

img 20200827 085555
Salah satu upaya tersebut yaitu dengan semakin maraknya jual – beli online yang banyak muncul akhir – akhir ini. Yaitu banyak diwadahi oleh media sosial seperti whatsapp, facebook, instagram dan beragam situs online shop lainnya, yang mempertemukan antara penjual dan pembeli.
Dengan memanfaatkan kelompok – kelompok tertentu dan pergaulan sosial yang ada serta diwadahi oleh media sosial, seperti grup whatsapp misalnya. Banyak pihak – pihak tertentu menjadi lebih mudah untuk menawarkan dagangannya atau membeli produk – produk tersebut secara online melalui grup whatsapp. Bahkan karena maraknya jual – beli online melalui grup whatsapp tersebut ,banyak pihak sengaja membentuk grup whatsapp tersendiri yang khusus untuk melayani kepentingan jual-beli online. Sebut saja seperti grup whatsapp “UP2K PKK Purwanegara “dan grup whatsapp “Bakulan online “sebagai contohnya. Yang mana grup whatsapp ini dikhususkan untuk menawarkan barang dan jasa sekaligus melakukan transaksi jual-beli. Apa saja dapat ditawarkan disini, misalnya seperti bahan makanan, makanan siap santap, minuman, pakaian, perkakas rumah tangga dan lainnya. Bahkan jasa perbaikan kendaraan seperti bengkel motor atau mobil juga ada.
Adapun grup whatsapp “UP2k PKK Purwanegara diikuti oleh 166 peserta, sedangkan grup whatsapp “Bakulan online “diikuti oleh 126 peserta.
Grup whatsapp “UP2k PKK” merupakan grup whatsapp jual-beli online ibu – ibu PKK se-kelurahan Purwanegara, Purwokerto Utara dan grup whatsapp “Bakulan online “merupakan grup whatsapp jual-beli antar jemaat GKJ Purwokerto.

Dengan sendirinya keberadaan grup whatsapp jual-beli ini memberikan ruang tersendiri bagi UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah)
Seperti pasar di dunia nyata, namun kemasannya telah bergeser, yang sejauh ini lebih memudahkan dan yang lebih penting penerapan jaga jarak dan pembatasan kerumunan dapat dilakukan disini. Harapan kita walaupun pandemi belum sepenuhnya berakhir namun janganlah kita kehilangan semangat sehingga roda perekonomian dapat teras berjalan dan UMKM semakin maju. (Yamin)

Next Post

Sate kambing Muda BERKAH TIGA SAUDARA Di Karangmoncol Purbalingga memang Enak dan Lezat

Kam Agu 27 , 2020
Purbalingga Banyumas Pos. 26/08/2020, Makanan kuliner itu memang sekarang semakin […]
img 20200827 wa0001