DUKUNG PENERAPAN SOCIAL DISTANCING, KAI KEMBALIKAN 100% PENUH TIKET PENUMPANG KA

20200322 030020

DUKUNG PENERAPAN SOCIAL DISTANCING, KAI KEMBALIKAN 100% PENUH TIKET PENUMPANG KA

Kebumen—(Banyumas Pos)PT Kereta Api Indonesia (Persero) menerapkan kebijakan pengembalian penuh pembatalan tiket Kereta Api Jarak Jauh dan Lokal untuk perjalanan 23 Maret hingga 29 Mei 2020. Hal ini sesuai dengan penetapan Perpanjangan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona di Indonesia oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana hingga 29 Mei 2020.

“Kebijakan pengembalian penuh ini kami terapkan juga untuk mendukung arahan pemerintah kepada masyarakat yang diminta membatasi kegiatan di luar rumah,” demikian disampaikan Manager Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto, mengutip pernyataan dari VP Public Relations KAI Yuskal Setiawan, Sabtu siang di Bandung.

Pembatalan dapat dilakukan secara online di aplikasi KAI Access atau secara langsung di Loket Pembatalan Stasiun mulai 23 Maret 2020. Sebelum kebijakan ini berlaku, penumpang yang membatalkan tiket akan dikenakan pemotongan sebesar 25%. “Kami sampaikan, pembatalan tiket KA mulai tgl 23 Maret 2020 untuk keberangkatan mulai tanggal 23 Maret – 29 Mei 2020, akan dikembalikan 100%,” jelas Supriyanto
Uang pembatalan akan dikembalikan dalam waktu 30-45 hari secara transfer atau tunai sesuai kehendak penumpang

Untuk penumpang rombongan yang sudah menyerahkan uang muka, dapat mengajukan pengembalian uang muka. Kemudian untuk rombongan yang belum mencetak tiket, diberikan sekali kesempatan untuk dapat mengajukan perubahan jadwal selama tempat duduk dan kereta penggantinya masih tersedia. Pelayanan untuk penumpang rombongan dilakukan di kantor KAI dimana proses transaksi sebelumnya dilakukan.

*Pengurangan Jadwal Kereta Api*
Di samping penyesuaian kebijakan pembatalan tiket, KAI membatalkan total 26 Jadwal perjalanan KA pada rentang 21 Maret hingga 1 April 2020 (jadwal terlampir). Kebijakan ini juga untuk mendukung kebijakan social distancing yang diterapkan pemerintah dimana masyarakat diminta mengurangi mobilitasnya.

Jadwal yang dibatalkan adalah 16 jadwal perjalanan KA Jarak Jauh dan 10 jadwal perjalanan KA Bandara Internasional Adi Soemarmo. Kebijakan pembatalan jadwal perjalanan ini akan terus dievaluasi sesuai dengan perkembangan dan situasi di lapangan. “Untuk perjalanan KA-KA yang berangkat maupun melewati wilayah Daop 5 Purwokerto, masih berjalan normal”, jelas Supriyanto
Pembatalan perjalanan KA terdiri dari : 8 perjalanan KA Argo Parahyangan relasi Gambir-Bandung pp, 8 perjalanan KA Argo Cheribon relasi Gambir-Cirebon pp, dan 10 perjalanan KA Bandara Adi Soemarmo.

Meskipun terdapat pengurangan jadwal kereta api, KAI tetap memberikan pelayanan yang terbaik kepada penumpang yang membutuhkan transportasi kereta api dengan segala protokol pencegahan virus corona yang telah diterapkan.

Kita berdoa dan berharap semoga Kejadian Luar Biasa yang menimpa Bangsa Indonesia ini segera berakhir dan semua bisa kembali normal.

(Lia)

Next Post

Bakti untuk Rakyat, Satgas TMMD Gelar Pengobatan Gratis dari Rumah ke Rumah

Ming Mar 22 , 2020
Bakti untuk Rakyat, Satgas TMMD Gelar Pengobatan Gratis dari Rumah […]
img 20200322 wa0005